Salah Menyikat Gigi Bisa Menyakiti Gigi dan Gusi

Salah Menyikat Gigi Bisa Menyakiti Gigi dan Gusi

Sikat gigi mempunyai peran penting untuk menjaga bentuk dan kesehatan gigi anda. Namun pastikan anda memilih pasta gigi yang tepat saat menyikatnya. Sikat lah gigi anda minimal dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur.

Anda pun harus memperhatikan sikat gigi yang Anda beli. Salah memakai sikat gigi justru bisa menyakiti gigi dan gusi Anda bahkan bisa membuatnya berdarah.

1. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu lebih lembut atau soft.

2. Pastikan sikat cocok dengan ukuran mulut Anda. Jika Anda miliki mulut yang kecil, pilih sikat gigi kecil dan jika mulut Anda besar, pilihlah sikat gigi yang besar.

3. Beli sikat yang mudah digunakan, entah itu sikat manual atau dengan baterai.

4. Sikat gigi yang murah biasanya bulunya sering rontok setelah beberapa kali pakai. Ini dapat mengganggu proses pembersihan gigi.

5. Beberapa sikat gigi dirancang untuk mampu membersihkan hingga sudut gigi. Saat memilih sikat, pastikan bagaimana fungsi atau kinerja sikat tersebut.

6. Sikat gigi memiliki berbagai ukuran yang bisa membuat nyaman saat dipegang. Sikat gigi yang terlalu besar atau terlalu kecil mungkin tidak efektif menjangkau semua area gigi, mulut dan gusi.

7. Setelah Anda menemukan sikat gigi yang tepat, Anda perlu sikat gigi dengan cara yang benar untuk menjaga kesehatan mulut dan menjaga penyakit gusi