Salah Seorang Menteri Somalia Tewas Tertembak di Mobilnya
ilustrasi

Salah Seorang Menteri Somalia Tewas Tertembak di Mobilnya

Kamis, 4 Mei 2017 | 08:05 | Rusmanto

WinNetNews.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Rekonstruksi Somalia, Abbas Abdullahi Siraji (31) tewas tertembak di ibu kota Mogadishu. Siraji tewas setelah kendaraan yang ditumpanginya ditembak oleh petugas keamanan di luar istana presiden.

Dilansir AFP , seorang senator bernama Ilyas Abdulahi mengatakan orang-orang bersenjata tersebut adalah petugas keamanan untuk pejabat pemerintah lainnya. Banyak di antara mereka bertugas di ibu kota untuk bantuan pengamanan di truk pick-up .

Pemerintah Somalia pun menyatakan bela sungkawa yang sangat mendalam atas kematian Siraji. Peristiwa ini dianggap sebagai insiden tidak sengaja. Meski begitu pihak kepolisian tengah menyelidiki kasus ini.

"Orang-orang bersenjata yang berada di atas sebuah truk pikap di depan melepaskan tembakan ke mobil pendeta saat dia mengikutinya. Tampaknya ini adalah sebuah kesalahan namun sedang diselidiki," kata seorang petugas polisi Ibrahim Mohamed, Kamis (4/5/2017).

Siraji merupakan anggota termuda kabinet Somalia. Dia ditunjuk sebagai menteri oleh Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed setelah memenangkan pemilu tahun 2016.

Dia dibesarkan di sebuah kamp pengungsi Kenya di kota Dadaab. Di antara kamp-kamp pengungsian terbesar di dunia itu dan secara mengejutkan mengalahkan mantan menteri dalam pemilu tahun lalu.

Ceritanya banyak menjadi inspirasi bagi sebuah negara yang telah mengalami konflik selama 25 tahun terakhir. Meskipun militan Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda sering melakukan pemboman dan pembunuhan yang menargetkan pejabat pemerintah, tidak ada indikasi bahwa kelompok tersebut bertanggung jawab atas kematian Siraji.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...