Skip to main content

Sambal Terong Rasanya Enak, Tapi Sehat Gak Sih?

Sambal Terong Rasanya Enak, Tapi Sehat Gak Sih?
Sambal Terong Rasanya Enak, Tapi Sehat Gak Sih?

WinNetNews.com - Salah satu kuliner khas tanah air yang digemari oleh banyak orang adalah sambal. Terdapat begitu banyak jenis sambal yang bisa kita cicipi, salah satunya adalah sambal terong. Sambal ini memiliki cita rasa yang unik karena memadukan sambal yang pedas dengan sayur terong yang lembut.

Tak hanya memiliki rasa yang enak, banyak yang menyebut sambal ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam terong yang kaya akan mineral seperti kalsium dan besi, vitamin, serta senyawa antioksidan yang bisa membuat sistem metabolisme tubuh meningkat sekaligus mencegah datangnya penyakit. Sayangnya, berbagai manfaat sehat dari terong ini hanya bisa kita dapatkan jika kita mengolahnya dengan benar.

Pakar kesehatan gizi Shubra Krishan menyebutkan ada dua hal yang harus kita perhatikan saat mengkonsumsi terong, yakni dengan tidak membuang kulitnya dan tidak memasaknya dengan cara digoreng.

Menurut Shubra, kulit terong kaya akan kandungan fitonutrien yang mampu meningkatkan sirkulasi darah sekaligus membuat otak menjadi semakin sehat. Hal ini berarti, ada baiknya memang kita tidak mengupas kulit terong sebelum mengolah atau mengkonsumsinya.

Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan dari kita mengolah terong dengan cara digoreng, bahkan saat kita membuatnya menjadi sambal. Padahal, jika terong ini digoreng, maka dipastikan terong akan menyerap banyak kandungan lemak dari minyak yang bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi menggoreng terong sebelum menjadikannya campuran sambal dan sebaiknya memanggangnya saja agar rasanya bisa lebih cocok untuk dijadikan sambal.

Selain digoreng, pakar kesehatan tidak merekomendasikan terong yang diolah dengan santan yang tentu akan menghilangkan berbagai manfaat sehatnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top