Sambil Menangis, Terdakwa Penagih Utang Istri Kombes Ungkap Alasan Unggah Instastory
Foto: Tribunnews

Sambil Menangis, Terdakwa Penagih Utang Istri Kombes Ungkap Alasan Unggah Instastory

Rabu, 29 Jul 2020 | 17:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Febi Nur Amelia (29) terdakwa pelanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) menyampaikan pembelaannya (pleidoi) di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (28/7) atas kasus penagihan utang lewat media sosial yang menimpanya. Sambil menangis, Febi mengungkapkan alasannya menagih utang Rp70 juta kepada korban Fitriani Manurung, yang merupakan istri perwira polisi berpangkat komisaris besar (Kombes), melalui media sosial Instagram.

 "Saya seorang ibu rumah tangga. Saya mempunyai tugas mengurus keluarga, suami dan anak-anak saya yang masih balita," ungkap Febi sambil menangis.

Dalam pembelaannya, Febi mengatakan Instasyory yang diunggahnya itu merupakan upaya terakhir agar agar Fitriani melunasi utang Rp70 juta yang tidak dibayar sejak Desember 2016. Fitriani berjanji sebelumnya telah berjanji mengembalikan uang itu dalam tempo seminggu.

Febi pun mengaku sudah berupaya menghungi Fitriani namun korban disebut  mem-block telepon, SMS dan Whatsapp-nya.

Selain itu, upaya kekeluargaan dengan bantuan teman mereka juga telah dicoba namun berujung gagal. Oleh karena itu, sebagai upaya terakhir Febi mengunggah Instastory utang yang belum dibayar itu melalui Instagram.

Dalam perkara ini,  JPU Randy Tambunan menjatuhkan tuntutan kepada hukuman 2 tahun penjara. Febi dianggap terbukti melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UURI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas UURI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Febi sebelumnya dilaporkan Fitriani yang merasa nama baiknya sudah dicemarkan lewat unggahan Instastory yang menagih utang.

Febi dalam persidangan juga mengungkapkan  Fitriani berutang pada diringa dengan alasan untuk  membelikan tas untuk istri petinggi Polri. Menurut Fitriani uang ditransfer ke rekening suaminya, Kombes Pol Drs Ilsaruddin, namun dia justru menyatakan Febi minta dibelikan tas branded yang kemudian telah dibantah oleh Febi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...