Sambut Mudik Lebaran, Kemenhub Siap Antisipasi Penumpukan Pemudik

Sambut Mudik Lebaran, Kemenhub Siap Antisipasi Penumpukan Pemudik

Senin, 8 Mei 2017 | 23:36 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Kementerian Perhubungan terus mempersiapkan diri menyambut mudik Lebaran 2017. Kemenhub akan mengantisipasi penumpukan jumlah pemudik di enam titik.

"Dari diskusi kita, ada enam tempat yang harus diperhatikan teliti. (Bandara) Soekarno-Hatta, (Stasiun) Gambir, (Tol) Cipali, Merak, Batam, dan Balikpapan. Ini kita exercise secara khusus bagaimana kita menanganinya," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Ternate, Maluku Utara, Senin (8/5/2017).

Menhub menyebut Jalan Tol Cipali menjadi perhatian khusus. Ini karena banyaknya pemudik yang akan menuju daerah Jawa Tengah.

"Yang paling banyak komplikasi Cipali. Pergerakan dari Jakarta ke Jawa Tengah besar dan terbatas juga karena banyaknya saudara kita. Tapi karena relatif dekat, mereka pulang," sebut dia.

Untuk mengatasi penumpukan pemudik dan kemacetan, salah satu cara Kemenhub adalah memaksimalkan transportasi udara. Menurutnya, ada kenaikan 9 persen terkait penggunaan pesawat sebagai sarana bepergian.

"Dari yang kita pelajari, angkutan udara pertumbuhan paling banyak, kenaikannya 9 persen karena udara relatif singkat, ruangnya masih ada dan daya beli masyarakat makin tumbuh. Kami minta ke operator bandara dan airlines meningkatkan," kata Budi.

Menhub akan memperpanjang jam operasi bandara. "Kalau Soetta kan udah sampai jam 24.00 WIB, tapi Yogyakarta, Malang, Surabaya, Solo belum. Kami sudah dapat persetujuan dari AD, AU, AL untuk ditambah," pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...