Skip to main content

Sambut Pidato Jokowi, Rupiah Bergerak Datar

Sambut Pidato Jokowi, Rupiah Bergerak Datar
Sambut Pidato Jokowi, Rupiah Bergerak Datar

Pergerakan rupiah pagi ini bergerak datar walaupun masih bertengger di level Rp13.700-an per USD.

Mengutip Bloomberg, Jumat (14/8/2015), pagi ini rupiah dibuka di posisi Rp13.766 per USD, dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya yang masih melemah. Gerak rupiah menguat 2,6 poin atau setara 0,02 persen menuju Rp13.770 per USD.

Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah dibuka menguat ke posisi Rp13.770 per USD. Namun tak beberapa lama kemudian, Yahoo Finance mencatat pelemahan rupiah sebesqr 57,5 poin atau setraa 0,42 persen ke Rp13.780 per USD.

Hasil analisa Samuel Sekuritas, koreksi tajam atas kejutan akibat devaluasi yuan mulai terjadi terhadap aset berdenominasi rupiah. Baik rupiah, IHSG maupun SUN berhasil menguat walaupun tidak sepenuhnya kembali ke level sebelum devaluasi yuan.

Sedikit sentimen positif sepertinya berhasil muncul menyusul reshuffle Kabinet Kerja serta respons cepat para pengambil kebijakan terhadap pelemahan rupiah. Akan tetapi berlanjutnya penurunan harga komoditas tetap akan memberikan alasan untuk pelemahan rupiah ke depan.

Serta perlu diingat satu lagi kejutan dari the Fed menunggu di depan. Hari ini ditunggu angka CAD kuartal II-2015 yang diperkirakan lebih tinggi dari kuartal sebelumnya di kisaran 2,4-2,5 persen terhadap GDP. (jk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top