Sambut Pilkada 2020, Disdukcapil Tangsel Cetak 75 Ribu KTP-el
Ilustrasi KTP-el. [Foto: Merdeka.com]

Sambut Pilkada 2020, Disdukcapil Tangsel Cetak 75 Ribu KTP-el

Selasa, 4 Feb 2020 | 12:05 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi 75 ribu pemegang surat keterangan (suket).

Melansir Kompas, pencetakan KTP-el tersebut telah dilakukan mulai Senin (3/2). Kepala Disdukcapil Tangsel, Dedi Budiawan mengatakan, pencetakan KTP-el tersebut dilakukan karena Kota Tangsel akan menghadapi Pilkada 2020.

"Saat ini ada 75 ribu warga Tangsel belum punya KTP-el. Kami cetak jauh sebelum pilkada (berlangsung) pemegang suket sudah habis. Jadi tidak ada alasan masyarakat untuk tidak nyoblos," ujar Dedi, Senin (3/2).

Menurut Dedi, pencetakan KTP-el itu dilakukan setelah Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri memberikan blangko bagi seluruh daerah di Indonesia, termasuk  Tangsel.

Namun, pemberian blangko KTP-el untuk di wilayah Tangsel yang mencapai 75 ribu akan dilakukan secara bertahap.

"Untuk 10 hari sebanyak 26 ribu Blangko. Target kami bulan Februari 2020 ini sudah selesai untuk 75 ribu pemegang suket," ujar Dedi.

Dengan ketersediaan itu, Disdukcapil Tangsel telah menutup pendaftaran online bagi warga pemegang suket yang akan berlalih ke KTP-el yang sebelumnya dibuka sejak awal Januari 2020.

Menurut Dedi, masyarakat yang akan mencetak dan mengambil KTP-el dapat datang ke kantor Kecamatan dan Disdukcapil sesuai jumlah ketersediaan blangko.

"Kalau untuk kecamatan itu hanya 100 pemohon pencetakan. Kalau di Dinas itu bisa 300 pemohon per hari. Ini karena hanya 10 alat, 7 ada di masing-masing kecamatan dan tiga ada di dinas," ucapnya.

Dedi menjelaskan, meski pengumuman pencetakan KTP-el baru dilakukan Senin ini, Disdukcapil sebelumnya telah mencetak dari blangko yang ada sebanyak 5 ribu dari 75 yang dibutuhkan.

"Ya sudah sisa 70, karena sudah 2 minggu daftar online kemarin dapatlah 5 ribu yang sudah kami cetak. Jadi nanti warga akan diumumkan di masing-masing kantor kelurahan. Sehingga warga nanti bisa tinggal mengambil di kantor dinas," ujar dia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...