Samsung Dapat Ijin Uji Coba Mobil Tanpa Sopir di California

Samsung Dapat Ijin Uji Coba Mobil Tanpa Sopir di California ilustrasi

WinNetNews.com - Raksasa-raksasa teknologi macam Google, Apple, Uber, Nvidia, hingga Baidu sedang getol mengembangkan teknologi mobil swa-kemudi yang bisa menyetir sendiri tanpa butuh sopir.

Samsung pun tak mau ketinggalan. Belakangan, konglomerasi asal Negeri Ginseng ini dilaporkan telah mendapat izin untuk melakukan uji coba mobil swa-kemudi di jalanan publik di California dari otoritas Department of Motor Vehicle setempat.

California adalah negara bagian di pesisir barat Amerika Serikat yang menjadi pusat perusahaan-perusahaan teknologi besar, termasuk rival berat Samsung, Apple.

Sebelumnya, pada Mei lalu, Samsung telah lebih dulu mendapat izin untuk uji coba mobil swa-kemudi di kampung halamannya di Korea Selatan.

Samsung tidak membuat mobil sendiri. Pabrikan elektronik tersebut bekerja sama dengan produsen otomotif seperti Hyundai.

Peranan Samsung adalah mengembangkan aneka macam sensor dan teknologi lain seperti software kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) untuk keperluan sistem kendali otomatis.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BBC, Sabtu (2/9/2017), Samsung juga memiliki saham di perusahaan mobil Renault. Kedua pihak diduga turut bekerja sama mengembangkan teknologi mobil swa-kemudi.

Pengujian mobil swa-kemudi Samsung di California kemungkinan bakal dilakukan melalui kantornya di kota San Jose. (kompas)