Sandiaga Uno Ungkap Kiat 3G Selamatkan Pariwisata: Gercep, Geber, Gaspol
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sandiaga Uno Ungkap Kiat 3G Selamatkan Pariwisata: Gercep, Geber, Gaspol

Jumat, 5 Mar 2021 | 14:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekfraf) Sandiaga Uno mengungkapkan kiat 3G yang dilakukan untuk menyelamatkan pariwisata Indonesia di tengah pandemi Covid-19. 3G tersebut adalah  gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan gaspol atau menggarap semua potensi yang ada.

"Gercep karena kami tidak punya banyak waktu, geber gerak bersama, ga bisa gerak sendiri-sendiri, dan g terakhir gaspol adalah menggarap semua potensi agar bisa bertahan dan membangkitkan ekonomi," katanya pada diskusi Forum Wartawan Daerah pada Kamis (4/3).

Ia menambahkan 3G merupakan pelengkap dari 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan 3T (testing, tracing dan treatment). Menurutnya, penerapan protokol kesehatan saja tanpa dibarengi dengan kiat seperti 3G tidak akan cukup untuk memulihkan perekonomian.

Sandi juga menyoroti kondisi pariwisata yang sangat terdampak akibat pandemi Covid-19. Ia mengatakan terjadi penyusutan jumlah tenaga kerja pariwisata dari 19,24 juta pada 2019 menjadi 18,76 juta atau turun 2,5 persen.

"Potret (pariwisata) kita sekarang nih, sedih deh. Potret pariwisata lagi betul-betul prihatin, guys. Forwada mudah-mudahan bisa ikut berdoa," tutupnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...