Saran Menko Perekonomian untuk Menahan Rupiah

Rusmanto
Senin, 24 Agustus 2015 07:53 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 24 Agustus 2015 07:53 WIB
Image Saran Menko Perekonomian untuk Menahan Rupiah

Menurut Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, pemerintah bisa mempercepat realisasi belanja dalam bentuk infrastruktur ekonomi, dan ekonomi masyarakat, seperti pompanisasi, atau jaringan tersier irigasi mengantisipasi kekeringan, sehingga menciptakan lapangan kerja.

Menurut Darmin, pelemahan nilai tukar rupiah dapat diredam dengan mempercepat realisasi belanja pemerintah dan meningkatkan investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI).

Sementara itu, kata dia, upaya stabilitas rupiah menjadi domain otoritas moneter (BI). "BI bisa menggunakan instrumen/regulasi untuk meredam gejolak rupiah agar tidak terlalu besar," katanya.

Pada perdagangan akhir pekan, rupiah melampaui Rp 13.900 per dolar AS, mendekati stresstest level aman BI Rp 14.000 per dolar AS lantaran minimnya sentimen fundamental ekonomi.

Sentimen depresiasi yuan dan kemungkinan penundaan kenaikan FFR pada September membuat tidak hanya pasar uang yang bergejolak, bahkan pasar saham IHSG tergoyang hingga mendekati level 4.300. (jk)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Agar Tidur Anda Lebih Nyenyek, Yuk Ikuti 5 Tips Ini

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.