Sasar Negara Berkembang, Facebook Lite Resmi Meluncur di Indonesia

Gibran Dimasagung
Jumat, 26 Juni 2015 08:44 WIB
Oleh Gibran Dimasagung pada Jumat, 26 Juni 2015 08:44 WIB
Image Sasar Negara Berkembang, Facebook Lite Resmi Meluncur di Indonesia

Seolah ingin mendorong pertumbuhan yang cukup merata atas penggunaan jejaringan sosial Facebook tanpa masalah jaringan, biaya serta kapasitas yang ada pada ponsel. Hari ini, Kamis, (25/6/2015), Facebook resmi sudah meluncurkan Facebook Lite di Indonesia.

"Kami sudah melakukan riset di berbagai daerah di Indonesia. Pada berbagai kawasan ditemukan jaringan mobile bisa sangat lambat, oleh karena itu Facebook Lite dibuat untuk menghadapi beragam situasi tersebut," ungkap Vijay Shankar selaku Product Manager Facebook dalam temu media yang diadakan di Hotel berbintang di bilangan Jakarta Pusat.

Ukuran dari file Facebook Lite, sangat kecil yakni hanya berukuran 285 KB saja, sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan ukuran aplikasi Facebook original yang ada di Google Play Store. Saat ditanya, mengenai apa saja yang dikorbankan oleh facebook sehingga membuat aplikasi hingga sekecil ini, pihaknya pun menanggapi.

“Hal yang dikorbakan tidak banyak sehingga tidak sampai mengganggu aktifitas penggunanya. Fasilitas yang ditawarkan oleh Facebook Lite hampir sama dengan aplikasi Facebook versi resmi, tapi berbeda dari segi grafis, karena ukurannya yang ringan,” tambah Vijay yang saat itu menggunakan sweater abu-Abu gelap.

Saat Jeruknipis mencoba aplikasi yang baru saja meluncur di Google Play ini, memang diakui tampilannya begitu terbilang sederhana, grafis seakan tidak banyak pernak-pernik. Detil foto yang dihasilkan tetap sama, hanya saja tidak bisa memperbesarnya.

Meskipun tidak mendukung fitur pemutaran video, Facebook Lite tetap mempertahankan fitur notifikasi pop-up dan integrasi dengan kamera ponsel.

Aplikasi yang diciptakan di negara-negara berkembang ini diharapkan Facebook bakal menjaring lagi pengguna baru dari berbagai kalangan meskipun terpaut daerah yang sulit akan internet. ‘’Kita tidak menargetkan berapa jumlahnya, harapannya semua orang Indonesia dapat terhubung dengan jejaringan sosial ini,” cuap Vijay.

Artikel ini kiriman dari member WinNetNews, isi dari artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab member, sesuai dengan ketentuan. Ingin membuat artikel? Daftar sekarang.

Pappa Jack Kopitiam
Hujan Abu dari Gunung Merapi Diperkirakan ke Arah Magelang

Reaksi Kamu