Skip to main content

Sate Kambing Sor Talok, Dagingnya Segar dan Disajikan Tanpa Tusuk

Sate Kambing Sor Talok, Dagingnya Segar dan Disajikan Tanpa Tusuk
Sate Kambing Sor Talok, Dagingnya Segar dan Disajikan Tanpa Tusuk

WinNetNews.com -Warung makan yang berada di Dusun Code, Kelurahan Trirenggo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul tersebut cukup terkenal di kalangan masyarakat Bantul adalah warung sate "Sor Talok".

Sor adalah kependekan dari Ngisor yang berarti bawah, dan talok adalah sebutan masyarakat jawa terhadap buah kersen.

image0

Sate kambing adalah menu andalan tempat makan yang satu ini. Seperti sate klathak, sate kambingnya ditusuk menggunakan ruji baru kemudian dibakar di atas arang.

Jika sate klathak disajikan tanpa bumbu, untuk sate Sor Waru ini disajikan bersama sambel kecap.

Penggunaan jeruji sepeda untuk membakar sate bertujuan membuat daging matang hingga bagian dalam, karena besi bersifat menghantarkan panas.

Sambel kecap yang terdiri dari potongan bawang merah, cabai rawit, merica bubuk, dan kecap berpadu pas dengan gurihnya daging kambing.

Sate disajikan tidak dengan tusuknya, tetapi telah dilepas dan disajikan di atas piring.

Selain disajikan bersama sambal kecap, disediakan pula irisan kobis, mentimun, dan tomat yang membuat rasa sate lebih segar.

Satu porsi sate ukurunya cukup besar, dan potongan dagingnya pun besar-besar.

Selain sate, menu lain yang dapat anda pesan adalah tonseng, gulai daging, dan gulai balungan. Untuk satu porsi sate beserta nasi dan minum harganya Rp. 35 ribu.

image1

Untuk mencapai lokasi warung makan tersebut dan anda dari pusat kota Yogyakarta ikuti jalan Parangtritis ke selatan hingga km 11, tepatnya di perempatan lampu merah Manding.

Berbelok ke barat, masuk gapura desa Manding, lurus saja sampai ketemu perempatan.

Setelah itu belok ke arah utara, kanan-kirinya sawah, jalan aspalnya lebar. Sekitar 100 meter ada warung di sisi timur jalan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top