Satelit Merah Putih Berdiri Gagah dan Siap Diluncurkan dengan Roket Falcon 9
istimewa

Satelit Merah Putih Berdiri Gagah dan Siap Diluncurkan dengan Roket Falcon 9

Selasa, 7 Agt 2018 | 03:44 | Rusmanto

WinNetNews.com - Beberapa saat lagi, satelit Merah Putih milik Telkom akan diterbangkan ke angkasa oleh roket SpaceX di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Tampak dalam foto terbaru, roket Falcon 9 telah berdiri gagah di landasan dengan satelit Merah Putih berada di posisi atas.

Akun Twitter SpaceX memajang foto tersebut lengkap dengan keterangan bahwa cuaca di kawasan peluncuran sangat mendukung untuk meluncurkan roket yang direncanakan berlangsung selama 2 jam.

Jika tidak ada aral melintang, satelit Merah Putih buatan perusahaan SSL ini akan diterbangkan pada tanggal 7 Agustus pukul 1.18 dini hari waktu Amerika Serikat atau malam ini. Berarti sekitar jam 12 siang tanggal 7 Agustus untuk waktu Indonesia bagian barat.

 

 

Satelit Merah Putih yang berbobot 5,8 ton, akan diterbangkan oleh roket Falcon 9 setinggi 70 meter dan beratnya 580 ton. Roket ini terdiri dari 3 komponen, yaitu step 1, step 2, dan fairing, yang saat ini semuanya sudah utuh dalam satu kesatuan bersama satelitnya. 

Satelit Merah Putih yang ongkos peluncurannya memakan investasi total sekitar USD 166 juta akan ditempatkan di orbitnya pada lokasi 108 bujur timur (BT). Berbagai proses akan dilaluinya sampai dinyatakan siap dioperasikan oleh Telkom. (detikcom)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...