Satgas Covid-19 Tegaskan PPKM Tetap Berlaku Meski Sudah Boleh Lepas Masker

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Satgas Covid-19 Tegaskan PPKM Tetap Berlaku Meski Sudah Boleh Lepas Masker
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

Winnetnews.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan PPKM masih tetap berlaku meski pemerintah mengumumkan pelonggaran pemakaian masker di luar ruangan.

"Sebagai instrumen pengendalian Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kebijakan PPKM akan terus diberlakukan sampai pandemi dapat dikendalikan sepenuhnya," kata Wiku dalam konferensi pers yang digelar virtual, Rabu (18/5).

Menurut Wiku, PPKM menjadi salah satu cerminan kesiapan dan kesigapan Indonesia jika sewaktu-waktu kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Ia menjelaskan PPKM bukan hanya untuk mengendalikan kasus Covid-19. Lebih dari itu, kata Wiku, PPKM juga berperan mempertahankan kondisi kasus agar tetap terkendali.

"Prinsipnya, PPKM bukan hanya kegiatan untuk membatasi saja, karena terdapat beberapa level daerah di mana pengaturannya pun beragam dari mulai pembatasan ketat sampai pelonggaran aktivitas masyarakat," ujarnya.

Oleh karena itu, Wiku menekankan bahwa PPKM masih relevan meski kasus Covid-19 sudah terkendali.

"Hal ini bertujuan untuk memastikan keselamatan kita semua. Pemerintah akan memberikan informasi secara aktual jika nantinya akan ada perubahan implementasi kebijakan," kata Wiku.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...