Satpol PP Kaltim dapat bekal Ilmu Bela Diri

Satpol PP Kaltim dapat bekal Ilmu Bela Diri

Jumat, 12 Agt 2016 | 21:38 | Rike
WinNetNews.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berikan pembekalan ilmu bela diri dan pembinaan mental pada setiap anggota Satuan Polisi Pamong Praja di daerah tersebut.

"Pelatihan bela diri diperlukan agar setiap anggota atau pegawai Satpol PP mampu mengetahui situasi dan kondisi lingkungan sekitar, khususnya Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltim maupun rumah jabatan," ucap Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa di Samarinda, Jumat (12/8). Lewat pembekalan ilmu bela diri, jelas Gede, anggota Satpol PP diharapkan lebih percaya diri dalam menjalankan tugasnya. Bukan membentuk anggota Satpol PP senang berkelahi. "Pendidikan dan pelatihan tersebut dimulai sejak 10 Agustus 2016 yang diawali oleh anggota Satpol PP Pemprov Kaltim yang berada di Balikpapan," terang Gede.

Pelatihan tersebut wajib diikuti seluruh anggota Satpol PP Pemprov Kaltim yang direncanakan secara bertahap hingga semua anggota mengikuti pelatihan bela diri. Prinsipnya, Satpol PP harus mampu jaga kehormatan lembaga pemerintahan. "Sehingga untuk mendukung itu, perlu adanya kesigapan dari anggota Satpol dalam bertugas," ungkapnya. Artinya, kondisi ini berkenaan dengan fisik, tangan, dan kaki harus kuat. Hingga ketika menghadapi situasi tertentu, petugas tak grogi atau takut. Malahan, dengan mengikuti pelatihan bela diri, anggota bisa mengetahui mana titik kelemahan lawan.

Gede berharap, tiap anggota Satpol PP ikuti tiga cabang bela diri, yaitu kempo, karate, dan taekwondo.Selain itu, mereka harus dibekali mental yang kuat. Artinya, anggota Satpol PP diajarkan untuk tak ragu dalam bertindak, namun juga tidak sembarangan.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...