Sayap Pesawat Sriwijaya Air tertimpa Tangga

Sayap Pesawat Sriwijaya Air tertimpa Tangga

Minggu, 7 Agt 2016 | 20:42 | Rike
WinNetNews.com-Bagian sayap belakang Pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 016 tipe B737-500 dengan regristrasi PK CMO dari Jakarta tertimpa tangga manual sewaktu akan menurunkan penumpang di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Sabtu 6 Agustus 2016 sekira pukul 19.18 WIB. Insiden ini membuat pesawat yang seharusnya juga terbang ke Jakarta dengan nomor penerbangan SJ 017 terpaksa dibatalkan.

Menurut Manajer Humas Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto insiden tersebut berawal sewaktu tangga manual yang bakal digunakan menurunkan penumpang ditarik mobil Baggage Towing Tractor (BTT) untuk diletakkan di pintu belakang pesawat. Usai tangga manual diletakkan di pintu belakang, mobil BTT bergerak tinggalkan tangga manual. Tetapi karena tuas yang menyambungkan tangga manual ke mobil BTT belum dilepas hingga saat mobil BTT bergerak tangga manual terseret hingga menimpa sayap belakang pesawat."Berdasarkan laporan jika kendaraan yang membawa tangga manual untuk penumpang dioperasikan oleh ground handling dari Sriwijaya Air," jelas Wisnu.

Akibatnya, Pesawat Sriwijaya Air tersebut yang dijadwalkan terbang kembali Jakarta tak diizinkan terbang oleh pihak Otoritas Bandara Wilayah II Medan."Penumpang diturunkan dari pintu depan dengan tangga manual lainnya. Pesawat tidak diizinkan terbang (grounded) oleh pihak Otoritas Bandara untuk dilakukan investigasi terkait insiden kejadian tersebut. Seharusnya pesawat Sriwijaya Air tersebut terbang ke Jakarta malam itu juga, namun akibat insiden itu jadwal penerbangan dibatalkan," ucapnya. Sedangkan para penumpang, menurut Wisnu pihak Sriwijaya Air menginapkan para penumpang di Hotel. "Penumpang yang berjumlah 160 orang oleh pihak Sriwijaya Air diinapkan di Hotel Polonia, Hotel Miyana dan Hotel Danau Toba," terang Wisnu.

Wisnu menambahkan, pada Minggu (7/8/2016) sekitar pukul 02.00 WIB tangga manual yang menimpa pesawat dapat dievakuasi. "Tangga tersebut sudah dapat dilepaskan dari sayap belakang pesawat pada jam 02.00 WIB," terangnya. Dia mengatakan, setelah tangga manual dapat dilepaskan dari sayap belakang pesawat, maka pesawat terbang ke Jakarta pukul 13.00 WIB.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...