Saybie, Bayi Terkecil di Dunia Beratnya Seperti Apel

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Saybie, Bayi Terkecil di Dunia Beratnya Seperti Apel Sumber: CNN

Winnetnews.com - Publik Amerika dihebohkan dengan kelahiran seorang bayi terkecil di dunia yang lahir di rumah sakit California pada Desember 2018 lalu. Bayi perempuan ini lahir dengan berat 245 gram (8,6 ons). Dikutip dari CNN, berat bayi itu setara dengan sebutir apel berukuran besar. Bayi mungil itu diberi nama Saybie oleh para staf rumah sakit. Sang ibu melahirkan dalam usia kehamilan 23 minggu dan tiga hari di rumah sakit Sharp Mary Birch.

Sementara itu kondisi  Saybie sendiri awalnya diprediksi tak akan membuatnya bertahan hidup. Awalnya sang ayah dikatakan hanya punya waktu satu jam dengan putrinya sebelum dia meninggal. "Tapi itu berubah menjadi dua jam, satu hari, lalu satu minggu," kata sang ibu dalam video yang dirilis oleh rumah sakit dikutip dari AFP.

Saybie  sudah diperbolehkan pulang setelah dirawat di sebuah rumah sakit di San Diego, California, Amerika Serikat. Saat dilahirkan, Saybie hanya sedikit lebih berat dari apel Golden Delicious, yang beratnya kira-kira 7,5 ons.

 
Meet Saybie: The World's Smallest Baby

We are proud to announce the birth of the world’s smallest baby ever to survive. Weighing only 8.6 ounces, Saybie was born at 23 weeks, 3 days’ gestation at Sharp Mary Birch in December 2018. After a nearly five-month stay in our Neonatal Intensive Care Unit, she was discharged home this month as a healthy 5-pound infant. Watch how exceptional medical care and extraordinary love and support helped her survive. Learn more ➡️ http://spr.ly/6181EmXIU. #BabySaybie

Posted by Sharp Mary Birch Hospital for Women & Newborns on Wednesday, May 29, 2019

Ibu Saybie, yang tidak ingin diungkap identitasnya mengakui melahirkan Saybie dengan operasi sesar pada minggu ke-23,  sekitar 17 minggu lebih cepat dari kehamilan pada umumnya.

“Dokter mengatakan kelahiran prematur dilakukan setelah mereka menemukan bahwa berat badan bayi tidak bertambah dan nyawa ibu terancam,” kata rumah sakit menambahkan.

Memasuki akhir Mei, berat badan Saybie diketahui sudah bertambah mencapai 5,6 pounds atau sekitar 2,54 kilogram. Menurut Tiniest Babies Registry, badan kesehatan yang dikelola oleh Universitas Iowa, Saybie diyakini memecahkan rekor bayi terkecil di dunia. Rekor sebelumnya dipegang seorang bayi yang lahir dengan berat badan 8,9 ons pada 2015 di Jerman.

Apa Reaksi Kamu?