Scan & UltraSound Saat Hamil, Bisa Sebabkan Anak Autis

Rani
Rani

Scan & UltraSound Saat Hamil, Bisa Sebabkan Anak Autis

WinNetNews.com - Tingginya jumlah anak yang terlahir dengan autisme');">autisme menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi dunia medis. Beragam riset pun dilakukan untuk mengungkap penyebabnya.

Hingga kemudian tim peneliti dari UW Medicine, UW Bothell dan Seattle's Children Research Institute menganalisis data dari 2.644 keluarga yang pernah ambil bagian dalam beragam studi di seluruh penjuru Amerika.

Hasilnya, paparan mesin scan, terutama ultrasound secara berlebihan di trimester pertama kehamilan ditengarai berdampak terhadap tingkat keparahan gejala yang dialami anak dengan autisme.

Kesimpulan ini didapat setelah peneliti mengamati variabilitas atau keberagaman gejala pada anak dengan autisme. Ternyata kaitan terkuatnya ditemukan pada anak dengan variasi genetik yang berhubungan dengan autisme, yaitu sebanyak 7 persen.

Ketua tim peneliti, Sara Webb dari UW Medicine mengatakan, ada tiga model analisis yang digunakan timnya untuk menjelaskan variabilitas yang terjadi pada anak dengan autisme. Pertama, kerentanan genetik terhadap gangguan tersebut. Kedua, stressor dari luar, dan ketiga, apakah stressor tadi berdampak pada anak dalam kurun waktu tertentu.

Dari beberapa jenis stressor yang ditemukan sebagai pemicu autisme, kebetulan tim Webb hanya mengamati satu di antaranya saja, yaitu paparan ultrasound.

Apa Reaksi Kamu?