ScreenDocs Expanded Ajak Masyarakat Pahami Isu Sosial Lewat Film Dokumenter
Screendocs Expanded ( courtesy: indocs org )

ScreenDocs Expanded Ajak Masyarakat Pahami Isu Sosial Lewat Film Dokumenter

Sabtu, 3 Des 2016 | 19:06 | Rike

WinNetNews.com-In-Docs, yayasan non-profit yang berfokus dalam mempromosikan film-film dokumenter berinisiatif untuk menghadirkan sebuah kegiatan pemutaran film dokumenter Nasional dan Internasional bertajuk ScreenDocs Expanded.

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 1 – 4 Desember 2016 di Erasmus Huis dimanamenghadirkan lebih dari 20 judul film dokumenter karya sutradara Tanah Air dan Internasional yang mengangkat tema seputar hak asasi manusia, sertadibuka untuk publik tanpa dipungut biaya.

Program Director In-Docs, Amelia Hapsari mengatakan dalam pernyataan resminya, “Ini merupakan pertama kalinya In-Docs menghadirkan sebuah kegiatan pemutaran film dokumenter Nasional dan Internasional yang menghadirkan tamu-tamu manca negara untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan para pembuat film dan penonton Indonesia. Dengan hadirnya gelaran ini kami mengajak audiens untuk lebih memahami permasalahan sera mengetahui lebih banyak mengenai isu sosial yang terjadi di sekitar kita.”

“Merayakan hak asasi manusia adalah mengakui dan merasa bahwa semua manusia dilahirkan setara. Film-film dokumenter yang kami tayangkan mengingatkan kita akan prinsip ini. Film-film ini memberi suara bagi mereka yang biasanya tidak punya tempat atau tidak didengar; misalnya komunitas difabel, suku asli yang kehilangan hutan, atau mantan tahanan politik yang menanggung stigma bertahun-tahun. Kekuatan film dokumenter adalah ajakannya yang urgen dan menyentuh untuk berefleksi dan kemudian bersikap,” tambahnya

Amelia menambahkan bahwa melalui gelaran ScreenDocs Expanded, In-Docs mengajak generasi muda Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam menciptakan sebuah masyarakat yang peduli, toleran, dan menghargai perbedaan dengan menonton film dokumenter. Film dokumenter memiliki potensi unik untuk menyentuh dan menggerakkan masyarakat karena menyajikan realitas dengan cara yang kreatif, sehingga tidak mudah dinafikkan. “Yang kami tayangkan itu real, sungguh-sungguh terjadi, bukan hanya imajinasi,” kata Amel.

“Banyak pembelajaran positif dan kisah-kisah menarik dari sebuah karya dokumenter, namun sayangnya kita memiliki keterbatasan infrastruktur dalam mengakses film dokumenter. Hal inilah yang mendorong kami untuk menghadirkan ScreenDocs Expanded,” lanjut dia.

Amel berharap dengan diselenggarakannya ScreenDocs Expanded, makin banyak orang yang semangat untuk menonton dan memproduksi film dokumenter sehingga industri film dokumenter di Indonesia dapat terus maju dan berkembang. Serta agar produksi dan distribusi film dokumenter lebih berorientasi pada dampak, lebih melibatkan banyak kolaborasi, dan lebih mempererat rasa solidaritas terhadap sesama, terutama mereka yang terpinggirkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...