Sebab Seseorang Mengigau

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Sebab Seseorang Mengigau

Wingamers - Mengigau sering kali dimaklumi sebagai sesuatu yang sepele, tapi itu bisa menjadi hal yang jauh lebih serius. Mengigau yang memiliki istilah somniloquy adalah gangguan tidur yang tidak normal di mana orang berbicara saat tidur tanpa menyadarinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengigau bukanlah hasil dari pikiran sadar.

Seseorang yang mengigau biasanya berbicara dengan diri mereka sendiri, mereka bahkan bisa tertawa, berbisik, atau berteriak. Episode mengigau biasanya tidak berlangsung lebih dari 30 detik pada suatu waktu. Mengigau paling umum terjadi pada kelompok anak, antara usia tiga sampai sepuluh tahun. Hampir lima persen orang dewasa juga dapat mengigau, dengan sebagian besar dari mereka adalah laki-laki.

Tidur berbicara biasanya terjadi dengan sendirinya dan tidak berbahaya. Namun dalam beberapa kasus, hal itu juga bisa menjadi indikasi dari gangguan tidur yang serius. Beberapa penyebab umum berbicara tidur adalah stres, depresi, demam, kurang tidur, konsumsi alkohol, faktor keturunan, mimpi buruk, gangguan tidur, penyakit mental, hingga gangguan jiwa.

Anda tidak perlu pengobatan khusus untuk mencegah mengigau bila tidak ada indikasi gangguan kesehatan yang serius. Namun Anda dapat menguranginya dengan mendapatkan cukup tidur setiap hari secara rutin dan tidur dengan kebersihan yang baik.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});