(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sebagian Besar Penghuni Suriah Terpelajar

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Sebagian Besar Penghuni Suriah Terpelajar
WinNetNews.com - Data PBB terbaru pada Rabu (9/12) menunjukkan bahwa sebagian besar pengungsi Suriah yang tiba di Yunani kemungkinan berpendidikan tinggi, termasuk sejumlah besar siswa.

Badan pengungsi PBB (UNHCR) merilis profil sementara mereka yang telah membuat perjalanan berbahaya melintasi Laut Mediterania setelah melarikan diri dari perang sipil Suriah, berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada 1.245 orang yang mendarat di Yunani antara April dan September.

Seperti dilansir BeritaSatu, Badan ini menekankan bahwa data itu tidak dikumpulkan melalui random sampling dan tidak dapat digunakan untuk laporan umum yang berlaku untuk seluruh masyarakat pengungsi Suriah di Eropa.

Tapi 86% dari mereka yang mengambil kuesioner mengatakan mereka memiliki pendidikan sekolah menengah atau lebih tinggi.

 

Sekitar 63% mengatakan mereka telah meninggalkan Suriah pada 2015, sementara 85% mengatakan mereka berhasil sampai ke Yunani pada percobaan pertama mereka.

"Mahasiswa adalah profesi yang paling umum yang diakui oleh 1.139 orang dengan 16%, sementara tukang dan pedagang tanggapan yang paling banyak berikutnya," tulis laporan itu.

UNHCR mengatakan survei pertama ini adalah bagian dari proyek yang lebih besar yang ditujukan untuk memahami populasi pengungsi yang sangat penting untuk memastikan tanggung jawab lebih besar antara negara Uni Eropa yang sedang memukimkan kembali pengungsi Suriah dalam jumlah besar.

“Penelitian dengan para pengungsi yang dipilih secara acak dengan cakupan yang lebih komprehensif akan dimulai bulan ini,” kata juru bicara UNHCR Karin de Gruijl."

Pengungsi, khususnya dari Suriah melintasi Mediterania pada 2015 dengan jumlah hampir empat kali lebih banyak dibandingkan 2014.

PBB mengatakan jumlah kedatangan migran dan pengungsi di Eropa untuk t2015 bisa mencapai satu juta pada akhir tahun.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});