Sebaiknya Ban Mobil Dirotasi Setiap 10rb km

Sebaiknya Ban Mobil Dirotasi Setiap 10rb km

Senin, 15 Agt 2016 | 10:25 | Rusmanto
WinNetNews.com - Ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Tentu saja diperlukan perhatian dan perawatan khusus untuk menjaga ban tetap awet dan nyaman digunakan.

Salah satu cara untuk merawat ban agar tetap awet adalah dengan merotasi ban secara rutin. Cara ini ditujukan agar tingkat keausan ban merata di setiap sisi, sehingga kondisi keempat ban tetap sama dan seimbang.

Dikutip dari Astra World, proses rotasi ban dilakukan setiap 10 ribu kilometer. Rotasi pun dilakukan tidak secara sembarangan, ada tekniknya khusus.

Teknik rotasi ban mobil ada 2 cara, yaitu merotasi 4 ban dan merotasi 5 ban. Teknik merotasi 4 ban mobil dengan menggunakan sistem menyilang (diagonal), dilakukan dengan cara merotasi ban roda depan kiri dirotasi ke roda belakang sebelah kanan dan sebaliknya. Sedangkan untuk roda depan kanan dirotasi ke roda belakang sebelah kiri dan sebaliknya.

Sedangkan, untuk merotasi dengan 5 ban, menggunakan sistem menyilang juga. Namun melibatkan ban cadangan sebagai pengganti ban belakang. Caranya adalah merotasi ban cadangan ke ban belakang sebelah kiri dan ban belakang sebelah kiri di rotasi ke ban depan sebelah kanan.

image0

Lalu ban sebelah kanan depan diistirahatkan menjadi ban cadangan. Sedangkan, untuk ban depan sebelah kiri, dirotasi ke ban belakang sebelah kanan begitu juga sebaliknya.

Tentu saja cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah jika mengetahui cara mengganti ban yang baik dan benar. Namun jika tidak tahu, silahkan pergi ke bengkel terdekat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...