Sebaiknya Jangan Blender Makanan-makanan ini Ya!

Sebaiknya Jangan Blender Makanan-makanan ini Ya!

Winnetnews.com - Penemu blender tampaknya wajib mendapat segudang ucapan terima kasih dari banyak orang. Pasalnya alat penghalus bahan makanan dan minuman ini bisa memudahkan proses penghalusan bahan hanya dengan sekali menekan tombol.

Berbagai santapan nikmat bisa diolah menggunakan blender, sebut saja misalnya smoothies dan sup krim yang lembut. Tapi nyatanya tidak semua makanan bisa dihaluskan menggunakan blender. Dilansir dari Purewow, Selasa (19/9/2017) berikut 5 bahan makanan yang sama sekali tidak disarankan untuk masuk dalam gelas blender.

Es batu

Jika Kamu memasukkan bongkahan es batu ke dalam gelas blender maka itu sama saja mengambil resiko untuk merusak blender. Es batu yang keras dan berukuran cukup besar akan dengan mudah berpotensi membuat pisau blender menjadi tumpul. Bagaimana dengan buah yang dibekukan sebagai bahan baku smoothies? Buah beku bisa saja dihaluskan menggunakan blender asalkan buah beku ini setidaknya didiamkan beberapa menit di suhu ruang sebelum diblender.

Mashed potato

Semua orang tahu bagaimana lezatnya mashed potato. Tapi kentang tumbuk ini sejatinya memang harus dibuat dengan cara manual, tidak bisa mengandalkan blender untuk menghaluskannya. Jika memaksa menghaluskannya kentang dalam blender maka risikonya adalah tekstur kentang akan lembek dan tidak enak. Pasalnya kentang mengeluarkan pati yang terus melunak jika mendapat gesekan terlalu banyak. Jadi solusinya adalah tetap haluskan kentang dengan menumbuknya secara manual.

Sup krim panas

Menghaluskan sup krim memang diperbolehkan menggunakan blender tapi bukan berarti sup panas yang baru saja matang dan mendidih. Sup panas dalam blender akan membuat uap panasnya meledak menembus permukaan tutup blender. Kejadian ini tentu akan memicu terjadinya bencana di dapur. Jika ingin memblender sup, pastikan kamu mendinginkan dulu sup sampai uap panasnya hilang, lalu jangan mengisi sup terlalu penuh.

Buah kering

Buah kering seperti kurma, aprikot dan plum kering yang diblender akan meninggalkan sisa bahan yang lengket dan melekat di pisau blender. Bukan hanya sulit dibersihkan, sisa buah kering ini juga bisa merusak pisau blender yang kamu punya. Jika sangat mendesak dan harus menggunakan blender untuk menghaluskan bahan ini maka tambahkan air untuk membuatnya sedikit lebih lunak.

Adonan kue

Jika mencoba membuat roti atau adonan kue dalam blender maka urungkan niat ini. Adonan ini punya tekstur yang cukup padat sehingga adonan bukannya akan tercampur rata melainkan akan menggumpal dan mengeras. Idealnya membuat adonan ini harus menggunakan mixer atau food processor.