Sebaiknya Obat Maag Dikonsumsi Sebelum Makan, Ini Alasannya
ilustrasi

Sebaiknya Obat Maag Dikonsumsi Sebelum Makan, Ini Alasannya

Selasa, 24 Sep 2019 | 14:55 | Rusmanto
Winnetnews.com - Jika kita mendapatkan obat dari dokter atau apotek, biasanya aturan minumnya adalah diminum setelah makan. Hanya saja, jika dicermati, hampir semua obat yang ditujukan untuk mengatasi masalah maag memiliki aturan diminum sebelum makan. Apa alasan dari aturan yang cukup unik ini?

Khasiat Obat Maag

Obat maag yang paling sering kita gunakan adalah yang berjenis antasida. Fungsi utama dari obat ini adalah membuat asam lambung menjadi lebih netral. Hanya saja, sebenarnya fungsi dari obat ini juga cukup beragam, sesuai dengan kondisi maag yang sebenarnya adalah sekumpulan gejala kesehatan yang muncul pada saluran pencernaan.

Pakar kesehatan menyebut obat maag berjenis antasida ini bisa mengatasi gejala refluks asam lambung seperti perut yang terasa nyeri atau perih, mual-mual, sensasi asam atau pahit pada mulut, hingga nyeri saat menelan.

Selain itu, obat ini juga bisa mengatasi gejala kerongkongan panas yang disebabkan oleh naiknya asam lambung hingga ke bagian kerongkongan, perut begah, serta sensasi kembung.

Terdapat beberapa jenis obat maag yang bisa kita dapatkan, namun pakar kesehatan menyebut obat-obatan ini biasanya berjenis cairan atau tablet kunyah.

Obat-obatan ini haruslah diolah dengan baik sebelum masuk ke dalam lambung. Jika kita langsung menelannya sebagaimana obat-obatan pada umumnya, maka manfaat kesehatan dari obat ini tidak akan maksimal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...