Sebaiknya Tak Ke Rumah Sakit Sore Hari, Ini Alasannya

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Sebaiknya Tak Ke Rumah Sakit Sore Hari, Ini Alasannya Ilustrasi (sumber: unsplash)

Winnetnews.com -  Rumah sakit sering dijadikan sebagai tempat bagi seseorang untuk menemukan solusi untuk menangani masalah kesehatannya. Sehingga orang kerap kali datang ke rumah sakit tanpa memikirkan waktu kedatangan.

Tapi pernahkah kamu mendengar anjuran untuk tidak ke rumah sakit ketika sore hari? Menurut penelitian yang dilansir dari laman Reader’s Digest, ada beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya tidak ke rumah sakit di sore hari.

Bertentangan dengan ritme sirkadian

Tubuh memiliki ritme sirkardian yang menyatu dengan ritme alam. Ritme sirkardian adalah sebuah ritme biologis mulai dari siklus pencernaan (12.00 – 20.00), siklus penyerapan (20.00 – 04.00), dan siklus pembuangan (04.00 – 12.00).

Dilansir dari Hype Grid, lama periode dari puncak hingga kembali ke puncak sekitar 24 jam. Ritme sirkardian ini ditemukan pada semua makhluk hidup. Karena ada ritme alami dari tubuh yang sama seperti jam, kebanyakan orang cenderung mengantuk sekitar jam 2 atau 3 sore.

Juru bicara American Dietetic Association, Lara Sandon, menjelaskan bahwa pada pukul 3, sebagian besar orang mungkin merasa kelelahan dan mengantuk. Jika kamu pergi ke rumah sakit dengan kondisi seperti itu, kamu bisa mengalami reiko kecelakaan.

Waktu terburuk mendiagnosis kanker

Sebuah penelitian membuktikan bahwa 1.000 kolonoskopi cenderung sulit dideteksi oleh dokter. Kolonoskopi adalah pemeriksaan untuk mendeteksi ketidaknormalan pada usus besar dan anus, seperti kanker usus besar.

Polip yang menjadi tanda merah awal pada usus besar dapat berkembang menjadi kanker akan sulit dideteksi pada pukul 3 hingga 4 sore.

Apa Reaksi Kamu?