Sebanyak 19 Orang Gay Sunter yang Mengonsumsi Narkoba Tidak Ditahan

Sebanyak 19 Orang Gay Sunter yang Mengonsumsi Narkoba Tidak Ditahan Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Para pria gay yang ditangkap polisi di kawasan Sunter akhirnya saat ini harus menjalani rehabilitasi namun tidak ditahan karena mereka hanya pengguna narkoba.

"Iya benar (mereka resmi direhab)," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu, Senin (8/10/2018).

Kombes Roma juga menyatakan bahwa proses dari rehab itu dilakukan karena para pria tersebut diketahui positif menggunakan narkoba saat pemeriksaan urine.

"Setelah melalui proses pemeriksaan, mereka hanya pengguna," kata Roma.

Dari 23 pria yang terduga sebagai gay yang ditangkap oleh polisi, polisi hanya menindaklanjuti proses hukum kepada 4 orang tersangka.

"Kalau untuk 4 pemilik narkoba tetap kita proses," kata dia.

Terpisah, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat AKBP France Yohanes menyampaikan, jika 19 terduga gay telah menjalani proses rehab di rumah sakit Bhayangkara, Sekolah Tinggi Pertama (Sempimma) Polri, Jakarta Selatan.

"(Direhab) di Sespimma Jalan Ciputat," kata France.

Sebelumnya, aparat Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat menangkap 23 pria yang tengah menggunakan narkoba sambil berpesta seks sesama jenis. Saat kedapatan sedang mengkonsumsi narkoba jenis ekstasi, puluhan pria itu hanya menggunakan celana dalam.

Dalam pengungkapan kasus ini, polisi menyita puluhan butir ekstasi, yaitu enam butir ekstasi berlogo cesper milik DS, 19 butir milik EK, delapan butir milik DL dan setengah butir milik TM.

Dari puluhan pelaku yang diringkus, polisi hanya menetapkan empat tersangka berinisial DS, EK, DL dan TM.

Keempatnya kini telah di Mapolres Jakpus. Mereka dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana maksimal 20 tahun penjara.