Sebelum Dikirim ke Jakarta, MRTnya Diujicoba di Jepang

Rusmanto
Senin, 19 Februari 2018 09:22 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 19 Februari 2018 09:22 WIB
Image Sebelum Dikirim ke Jakarta, MRTnya Diujicoba di Jepang
ilustrasi

WinNetNews.com - Kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta yang dibuat oleh perusahaan Jepang Nippon Sharyo sebentar lagi bakal dikirim ke Jakarta. Saat ini kereta bermuatan 332 orang penumpang (maksimum) tersebut sudah selesai melakukan uji coba operasi di atas rel di pabrik produsennya di Jepang.

Proses uji coba operasi kereta di Jepang disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Jepang. William mengaku bangga karena proses uji coba berjalan dengan baik dan pengiriman bisa dilakukan dalam waktu seminggu ke depan.

"Uji cobanya berjalan baik, dan kereta pertama dan kedua akan mulai diberangkatkan minggu depan, direncanakan tiba di Jakarta akhir bulan Maret," katanya, Senin (19/2/2018).

Kereta pertama MRT Jakarta sendiri diperkirakan bakal tiba di Jakarta pada tanggal 26 Maret 2018. Jumlah kereta yang dikirim pada tahap pertama ini adalah sebanyak 2 trainset kereta atau 12 cars (istilah gerbong kereta dalam MRT).

Nantinya, total kereta yang bakal dimiliki oleh MRT Jakarta adalah sebanyak 16 trainset, dengan 2 di antaranya digunakan sebagai fasilitas maintenance atau cadangan. 

Dalam operasionalnya nanti, diperkirakan rangkaian kereta tersebut bakal mengangkut lebih dari 174 ribu orang setiap harinya dengan headway atau rentang waktu antar kereta lima menit pada jam sibuk, dan sekitar 10 menit di luar jam sibuk.

Kereta MRT Jakarta memiliki dimensi panjang 20 m, lebar 2,9 m, dan tinggi 3,9 m. Warna kereta didominasi oleh warna biru dan abu-abu metalik, sementara badan kereta terbuat dari bahan baja antikarat (stainless steel) dengan berat kosong per satu kereta mencapai 31 hingga 35 ton.

Pada Maret 2019 nanti, kereta ini diharapkan sudah beroperasi dengan jalur Lebak Bulus di Jakarta Selatan menuju Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta Pusat. Dengan menggunakan MRT, waktu tempuh antara kedua lokasi tersebut bakal bisa dicapai dalam 30 menit. (detikcom)

 

7 Benda ini Bisa Pengaruhi Kinerja di Kantor
Piala Dunia 2018: Kroasia Permalukan Argentina 3-0

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.