Skip to main content

Sebenarnya Dimana Sih Dokumen Asli TPF Munir Berada?

Sebenarnya Dimana Sih Dokumen Asli TPF Munir Berada

WinNetNews.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) sampai saat inimasih mencari dokumen asli hasil tim pencari fakta (TPF) kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib. Hal ini dilakukan Kejagung,agar dapat menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo untuk menuntaskan kasus Munir.

"Saya katakan sedang ditelusuri tunggu perkembangannya. Sampai hari ini sedang dilakukan penelusuran oleh Pak Jamintel atau Jaksa Agung, tunggu saja perkembangannya," ujar Jaksa Agung Tindak Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad di gedung Kejagung, Jalan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/10).

Dalam hal ini,Kejagung menurutnya hanya bertugas melakukan pencarian berkas dokumen asli TPF. Tindaklanjut penanganan kasus Munir tetap menjadi kewenangan kepolisian.

"Kan kita nanti lihat seperti apa berkas aslinya. Kalau penyelidikan itu nanti dari polisi bukan kejaksaan. Kalau ada tambahan baru dari kepolisian baru akan ditindak lanjuti. Kami hanya mendapat tugas untuk mencari dimana berkas itu," kata Noor.

Pihak Istana sebelumnya sudah menerima salinan dokumen TPF Munir yang dipegang Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Salinan dokumen dikirim oleh mantan Mensesneg dan juga mantan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi dan diterima Rabu (26/10).

"Jangan copy, aslinya. Bukannya meragukan itu tapi kalau dokumen harus asli," tegas Noor.

Dokumen asli sangat dibutuhkan untuk proses hukum pro justicia. Namun yang tersisa saat ini hanya salinan.

"Bukti foto kopi bisa sebagai alat bukti sepanjang ada persesuaian dengan bukti lain," kata pakar hukum pidana Prof Dr Hibnu Nugroho, Rabu (26/10).

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top