Sebenarnya Kenapa Sih Makan Kangkung Bikin Ngantuk?

Sebenarnya Kenapa Sih Makan Kangkung Bikin Ngantuk?

WinNetNews.com - Kangkung tidak hanya lezat dijadikan masakan tumis. Sayuran hijau ini pun kaya nutrisi. Kangkung pun dipercaya punya khasiat sebagai obat insomnia. Katanya sih, makan kangkung itu bisa menimbulkan ngantuk. Apa benar ya?

Buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan oleh Nutrifood Research Center menuliskan bahwa beberapa pakar setelah mengamati kebiasaan di negara-negara pengonsumsi kangkung, termasuk Indonesia, mengatakan bahwa secara tradisional, konsumsi kangkung dilakukan dapat meringankan gejala susah tidur. Namun belum ada uji klinis yang menguji efek konsumsi kangkung terhadap terhadap rasa kantuk di manusia, tapi kangkung mungkin bisa membuat Anda mengantuk.

Kangkung memiliki kandungan mineral kalium yang jumlahnya banyak (175mg dalam dalam satu cup kangkung), dan makanan tinggi kalium ini bisa kurangi tekanan darah. Efek itu yang dirasakan sebagai kantuk bagi sebagian orang.

Selain tanaman kangkung, dari mana sih rasa kantuk itu sebenarnya berasal? Masih dari buku yang sama, penelitian di bidang kronobiologi menemukan bahwa secara alami manusia bakal merasa mengantuk di siang hari, terutama usai jam satu siang. Selain itu, makanan tinggi karbohidrat, apalagi yang indeks glikemik-nya tinggi, juga bisa membuat Anda mengantuk..

Sumber:womenshealth.co.id

Foto: http://www.stylecraze.com