Skip to main content

Sebenarnya Matahari Itu Bintang atau Bukan?

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Matahari menjadi sumber utama kehidupan. Saat kita merasa dingin, matahari akan siap menghangatkan tubuh kita. Tapi tahukah kamh kalau matahari itu sebenarnya adalah bintang? Nah sebuah laporan di jurnal Science meneliti tentang hal ini loh. Tujuannya untuk meletakkan kontroversi mengenai apakah bintang tata surya kita berbentuk siklik, seperti bintang surya tipe bintang terdekat lainnya.

"Kami telah menjelaskan mekanisme mendasar yang menentukan panjang siklus ini, yang membantu kami memahami siklus itu sendiri dalam jangka panjang," kata pemimpin Antoine Strugarek, seorang peneliti di Universitas Montreal, kepada AFP.

"Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa siklus magnet Matahari berikutnya dalam 10 atau 20 tahun akan berlangsung intens, panjang atau pendek, yang membantu kita memahami jenis satelit apa yang harus diletakkan di orbit dan jendela peluncuran yang paling bagus." katanya.

Aktivitas di Matahari, dari jumlah bintik matahari sampai tingkat radiasi dan ejeksi material, bervariasi pada siklus 11 tahun. Perubahan ini didorong oleh medan magnet Matahari.

Para ilmuwan telah lama percaya bahwa Matahari kita tidak biasa karena tidak sesuai dengan siklus magnetik yang diamati pada bintang tipe matahari lainnya. Jadi peneliti melakukan serangkaian simulasi medan magnet bintang, dan menunjukkan bahwa siklus magnetik Matahari bergantung pada tingkat rotasi dan luminositasnya, kata laporan tersebut.

Mereka membandingkan simulasi mereka dengan pengamatan aktivitas siklik pada bintang tipe matahari di dekatnya, dan menemukan bahwa periode siklus Matahari dan bintang tipe matahari lainnya semua mengikuti hubungan yang sama.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa siklus 11 tahun adalah siklus utama semua bintang tipe surya," kata Allan Sacha Brun, Kepala Dinamika Laboratorium Bintang dan Lingkungan, mereka dan peneliti utama proyek Dewan Riset Eropa yang disebut STARS2.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top