Seberapa Amankah Kadar Gula yang Terkandung dalam Buah-buahan?
ilustrasi

Seberapa Amankah Kadar Gula yang Terkandung dalam Buah-buahan?

Jumat, 28 Jun 2019 | 12:25 | Rusmanto
Winnetnews.com - Disadari atau tidak, buah yang sering kita makan mengandung cukup banyak gula. Apalagi buah yang manis seperti mangga atau semangka. Gula yang terkandung dalam buah-buahan biasanya berjenis fruktosa. Gula alami ini dikenal aman untuk tubuh dan tidak menyebabkan masalah kesehatan meski pengonsumsiannya cukup banyak. Benarkah demikian?

Gula biasa dan gula buah

Gula biasa yang sering kita pakai atau gula pasir biasanya berjenis sukrosa. Sukrosa terbuat dari campuran glukosa dan fruktosa. Selanjutnya dua elemen ini dibersihkan dan dicetak menjadi kristal kecil-kecil berwarna putih. Gula jenis ini bisa dikonsumsi tapi maksimal 4-6 sendok teh sehari.

Gula yang sering kita konsumsi cenderung mampu menaikkan gula darah di tubuh. Kenaikan yang normal mungkin tidak akan masalah asalkan bisa digunakan dan menjadi energi. Namun, kalau kenaikannya cukup signifikan dan menyebabkan masalah pada tubuh, harus segera dihindari.

Sedikit berbeda dengan gula konsumsi, gula yang terkandung di dalam buah tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah. Jadi, meski Anda menderita diabetes, mengonsumsi buah tidak akan menyebabkan masalah yang serius. Namun, jumlah yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan dan usahakan tetap porsi wajar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...