Seberapa Efektif Daun Salam Bantu Atasi Asam Urat?
Daun salam (Foto: Dokter Sehat)

Seberapa Efektif Daun Salam Bantu Atasi Asam Urat?

Minggu, 15 Sep 2019 | 09:29 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Banyak orang yang percaya dan mencoba mengatasi asam urat dengan daun salam. Caranya dengan meminum air rebusan daun salam. Bahkan ada juga yang tersedia dalam bentuk kapsul.

Namun seberapa efektifkah pengobatan asam urat dengan daun salam?

Sebenarnya pemanfaatkan daun salam untuk pengobatan asam urat masih simpang siur sampai saat ini. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, daun salam tidak terlalu efektif dalam penyembuhan asam urat. Ia menyebut bahwa daun salam bukanlah penyembuh, melaikan pengobatan pendamping untuk meradakan gejala yang muncul.

"Tidak efektif! Asam urat itu diatasinya dengan perubahan pola hidup, dalam hal ini diet rendah purin dan obat dari dokter. Penderita asam urat perlu minum obat sesuai anjuran saat serangan berlangsung, yaitu kolkisin. Kalau untuk sehari-hari biasanya allopurinol,” kata dr. Sepriani saat dikonfirmasi.

"Sah saja konsumsi daun salam, tetapi cara tersebut tidak dapat mengatasi asam urat, pengobatannya hanya bersifat pendamping,” tegasnya.

Cara alami lainnya yang lebih efektif

Diet rendah purin adalah cara alami paling aman dan efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Tujuannya bukan untuk menghidari sepenuhnya, melainkan mengatur seberapa banyak purin yang masuk ke tubuh.

Berdasarkan penjelasan dari dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, secara umum ada tiga kelompok makanan yang mengandung purin, yakni yang berkadar purin tinggi, sedang, dan rendah.

“Makanan dengan kadar purin tinggi mengandung lebih dari 200 mg purin per 100 gram. Sedangkan yang berkadar purin sedang, mengandung 150-200 mg purin per 100 mg,” jelasnya.

Untuk mencegah kenaikan asam urat, hindari konsumsi makanan berkadar purin tinggi dan membatasi konsumsi makanan berkadar purin sedang. Kurangi dan hindarilah makanan-makanan seperti jeroan dan daging, makanan laut, produk susu tinggi lemak, sumber makanan nabati, makanan tinggi gula, dan alkohol.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...