Seberapa Parah Penyebaran HIV Di Asia Tenggara?

Seberapa Parah Penyebaran HIV Di Asia Tenggara?

 

WinNetNews.com - Seberapa parah penyebaran HIV di Asia Tenggara? Ada 3.4 juta penderita HIV di Asia Tenggara. Sekitar 1,1 persen di antaranya kini telah mendapat dukungan kesehatan yang diperlukan. Angka tersebut 12 kali lipat dari 83 ribu orang di tahun 2004.

Epidemi HIV di kawasan Asia Tenggara terkonsentrasi pada populasi yang paling rentan terhadap penularan HIV. Mereka seperti laki-laki yang berhubungan seksual dengan laki-laki, transgender, pengguna narkoba suntik, pekerja seks komersil, orang yang di penjara dan kelompok lain.

WHO merilis pembaruan panduan untuk penggunaan obat antiretroviral sebagai intervensi pencegahan darurat bagi mereka yang berisiko tinggi terpapar HIV meskipun HIV negatif, serta untuk mencegah dan merawat infeksi yang dialami ODHA.

Stigma, diskriminasi, dan hukum yang kurang mendukung terus menjadi hambatan akses terhadap pencegahan, perawatan, dan layanan medis. Dengan demikian, upaya gabungan gerakan masyarakat madani, didukung komitmen nasional dan internasional serta penelitian ilmiah, berkontribusi dalam mencapai kemajuan kini.

Tahun ini, WHO telah meluncurkan Panduan Terpadu penggunaan obat antiretroviral (ARV) untuk mengobati dan mencegah infeksi HIV dan untuk pencegahan HIV, diagnosis, layanan kesehatan serta layanan bagi populasi kunci.