Seberapa Parahkah Kanker Paru Itu?
ilustrasi

Seberapa Parahkah Kanker Paru Itu?

Jumat, 14 Feb 2020 | 08:36 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kanker paru termasuk jenis kanker paling mematikan sehingga dapat memperkecil harapan hidup pasien. Namun, peluang kesembuhan untuk pasien tetap terbuka asalkan meningkatkan kesadaran sedari dini dan menjalani pengobatan dengan tepat. Pengendalian terhadap faktor risiko kanker paru juga berperan besar terhadap bertambahnya angka harapan hidup pasien.

Bisakah kanker paru disembuhkan?

image0

Kanker paru merupakan penyakit yang sulit dideteksi. Berdasarkan data Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), 80 persen pasien baru didiagnosis terkena kanker paru ketika perkembangan kanker mencapai stadium akhir.

Pada kondisi ini dokter, memang sudah bisa menentukan sejauh mana prognosis atau perkiraan perkembangan kanker paru untuk menentukan lamanya harapan pasien.

Masih dari data PDPI yang dipublikasikan pada gelaran konferensi pers Gerakan Nasional Peduli Kanker Paru di Jakarta (11/02/2020), sekarang ini angka harapan hidup untuk pasien kanker paru laki-laki adalah 69 tahun. Sedangkan untuk perempuan adalah 74 tahun.

Dokter spesialis paru Elisna Syahruddin menyatakan meski harapan hidup cenderung pendek, tapi peluang kesembuhan kanker paru cukup terbuka. Pilihan pengobatan kanker paru yang efektif dilakukan sekarang ini adalah terapi target, imunoterapi, operasi, dan kemoterapi.

“Belum bisa dipastikan berapa lama pengobatan yang bisa menyembuhkan kanker paru. Kanker itu sifatnya on-off, jadi pasien harus terus melakukan pemeriksaan meskipun sudah sudah bersih dari kanker,” ujarnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...