Sebuah Agensi Dituding Gunakan Lebih dari 100 Ribu Akun Untuk Manipulasi Voting di Produce 101 Season 1

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Sebuah Agensi Dituding Gunakan Lebih dari 100 Ribu Akun Untuk Manipulasi Voting di Produce 101 Season 1 Foto: Soompi

Winnetnews.com - Proses hukum atas kasus manipulasi hasil voting untuk program survival "Produce 101" masih terus berlanjut. Sejumlah fakta terbaru perlahan mulai terbongkar. Berita terbaru menyebutkan jika salah satu agensi di Korea Selatan telah menggunakan 100.000 akun untuk memanipulasi hasil voting "Produce 101" Season 1.

Sebuah agensi, sebut saja "A," dituduh mengumpulkan lebih dari 100.000 akun untuk voting pada season pertama "Produce 101." Seperti yang diketahui, "Produce 101" musim pertama memungkinkan satu akun per individu untuk memberikan suara, dan verifikasi identitas diperlukan untuk membuat akun.⁣

Menurut sumber yang sebelumnya bekerja di agensi "A," seorang CEO agensi tersebut mengumpulkan karyawan kantor, manajer, dan para trainee pada bulan Maret 2016 dan membagikan dokumen dengan lebih dari 100.000 nama pengguna dan kata sandi untuk voting online. Agensi itu dikabarkan menggunakan akun dengan nama pinjaman dan program komputer yang diinstal untuk mempersulit pelacakan IP.⁣

Mereka diminta fokus pada pemungutan suara untuk dua peserta, dengan karyawan kantor memberikan suara pada siang hari dan para manajer dan trainee memberikan suara pada malam hari. Tak hanya itu, seorang mantan trainee “B” mengatakan:

“Kami tidak diizinkan pulang sampai kami menyelesaikan jumlah suara yang ditugaskan. Kami melakukan voting setiap hari dari jam 12 malam sampai jam 7 pagi," kata sumber tersebut.

Dia menambahkan, “Eksekutif yang memerintahkan voting memaksa kami dengan mengatakan, 'Kamu akan menerima manfaat ini season depan'".⁣

Setiap orang ditugaskan sekitar 1.400 akun per hari untuk melakukan voting. Mantan trainee “C” juga membeberkan, “CEO baru saja membagikan puluhan ribu pada awalnya, tetapi mungkin mereka berpikir itu tidak cukup karena mereka membawa lebih banyak ID beberapa hari kemudian, menambahkan lebih dari 100.000.” 

"C" lebih lanjut mengatakan bahwa ketika seluruh karyawan dan para trainee tidak mau melakukan hal itu, ponsel mereka akan disita, dan mereka dikurung di kantor. Dengan langkah ini, kabarnya salah satu dari tiga trainee yang berpartisipasi di program survival tersebut berhasil terpilih untuk masuk ke babak final.

Apa Reaksi Kamu?