Sedan Peninggalan Soeharto di Galeri Soeyono

Sedan Peninggalan Soeharto di Galeri Soeyono

Selasa, 15 Mar 2016 | 16:03 | Rusmanto
WinNetNews.com - Mantan Pangdam Diponegoro, Letjen TNI Purn. RH. Soeyono S.E, menjalani masa pensiunnya dengan membuka Galeri Soeyono yang berisikan koleksi pernak-pernik otomotif miliknya. Galeri yang berlokasi di Lembang, Bandung ini menyimpan koleksi mobil-mobil anti-mainstream.

"Karena saya bukan tipe serius jadi gak begitu berat (koleksi mobilnya). Yang penting, ada gambaran dulu bahwa kendaraan ini pernah masuk ke Indonesia," kata Soeyono di Bandung, Minggu (13/3).

Dalam mengumpulkan koleksinya, Soeyono memilih mobil yang jarang dipunyai orang. Sejumlah 40 unit koleksi mobil yang dimiliki purnawirawan berusia 73 tahun tersebut pun bervariasi asalnya.

"Kombinasi (mobilnya), ada yang beli bangkainya, ada yang membangun dari bangkai, ada yang dititipi. Asal aja tapi orang lain belum punya kayak misalnya Dodge ini peninggalan Perang Dunia II, walaupun jelek sebagai tanda sejarah. ," tuturnya.

Koleksi unik lainnya yang dimiliki Soeyono di galerinya yaitu Morris Mug yang bentuknya seperti Jeep. Mobil tersebut dahulu diimpor untuk kendaraan dinas para jaksa, namun kini sudah punah.

Koleksi istimewa yang juga dimiliki oleh Galeri Soeyono yaitu sedan BMW. Mobil ini merupakan peninggalan dari Presiden Soeharto.

"Saya punya juga satu BMW, itu peninggalannya Pak Harto. Dulu sering dipakai Pak Harto kalau ke perkebunannya beliau itu," ujarnya.

disadur dari situs liputan6

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...