Sedang Batuk? Obatnya Cukup Istirahat yang Banyak

Rusmanto
Rusmanto

Sedang Batuk? Obatnya Cukup Istirahat yang Banyak ilustrasi

Winnetnews.com - Kalau kamu terserang batuk pilek, dikenal juga dengan salesma, tidak usah langsung buru-buru mencari obat. Seringnya penyakit dapat sembuh sendiri hanya dengan kita cukup beristirahat dengan memperbanyak jam tidur.

Bagaimana tidur bisa membantu tubuh kita melawan penyakit batuk pilek? Studi terbaru yang dilakukan peneliti Jerman melihat kalau tampaknya hal ini berhubungan dengan kerja sistem imun.

Pemimpin studi Stoyan Dimitrov dari University of Tubingen mengatakan bahwa tidur dapat meningkatkan kemampuan sel imun tertentu. Dampaknya sel imun jadi semakin efektif dalam mencari dan menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus penyakit.

Normalnya sel imun bernama sel T bekerja dengan cara mengaktifkan protein lengket bernama integrin untuk menempel ke sel yang sakit. Namun dalam kehidupan sehari-hari karena kurang tidur, stres, dan masalah ketidakseimbangan hormon membuat sel T jadi kesulitan mengaktifkan protein lengket.

Nah beristirahat dengan tidur yang cukup dalam studi ternyata bisa membantu sel T mendapatkan kemampuannya kembali.

"Jadi tidur yang cukup setiap malam dan hindari stres kronis," kata Stoyan seperti dikutip dari Reuters, Senin (18/2/2019).

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Alasan Kenapa Tidur Jadi Obat Terbaik untuk Lawan Batuk Pilek"

 

 

Apa Reaksi Kamu?