(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sedang Galau? Hilangkan dengan Olahraga Ini Winners!

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Sedang Galau? Hilangkan dengan Olahraga Ini Winners!
WinNetNews.com - Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga ternyata juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa galau. Namun, jenis olahraga apa yang dapat menghilangkan rasa galau? Berikut ulasannya.

Namun jika kamu sedang galau, cemas atau bahkan depresi cobalah untuk berolahraga. Pasalnya, olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks dan tenang. Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa kamu coba.

Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling baik untuk kesehatan kamu. Pasalnya, berlari, selain dapat membakar kalori, juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Namun ternyata, manfaat kesehatan lari tak hanya itu. Gerakan berulang yang dilakukan saat berlari dapat menyebabkan pengeluaran zat kimia di otak, yang disebut serotonin dan norepinefrin, yang dapat membuat kita merasa nyaman dan senang.

Penelitian yang diterbitkan di the Journal of Psychiatry & Neuroscience, menyebutkan bahwa olahraga memiliki efek yang sama seperti antidepresan sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya depresi.

Selain itu, dengan berlari kamu juga dapat tidur lebih nyenyak di malam hari, meningkatkan ingatan, menurunkan stres, dan tentu akan membuat kamu terhindar dari galau ataupun depresi.

Mendaki gunung

Berada di alam terbuka dapat memberikan ketenangan bagi pikiran kamu. Jika sulit untuk mendaki gunung, kamu bisa berjalan santai atau sekedar bersepeda di taman atau di area yang banyak terdapat pepohonan.

Pada studi yang dipublikasikan di Environmental Health and Preventive Medicine tahun 2009, para peneliti mengirim partisipan studi ke hutan yang banyak pepohonan. Para partisipan yang berjalan-jalan selama 20 menit di alam terbuka tersebut memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah dibandingkan dengan partisipan yang berada di tengah kota.

Yoga

Gerakan-gerakan yoga tak hanya dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih lentur, namun pernapasan kamu juga menjadi lebih terlatih sehingga dapat membuat kamu menjadi lebih tenang.

Pada studi yang dilakukan tahun 2007, yang dipublikasikan di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, seluruh partisipan yang mengikuti kelas yoga berkurang gejala depresi, kecemasan serta tingkat emosinya.

Selain itu, latihan pernapasan saat melakukan yoga juga penting bagi kamu yang sering cemas. Pasalnya, ketika kamu bernapas lebih dalam, maka rasa cemas tersebut akan sulit untuk dirasakan. Lakukan latihan pernapasan ini secara rutin meski kamu sedang tidak melakukan kelas yoga.

Dilansir: okezone

Foto: google

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});