Sederet Aplikasi 'Gulung Tikar' Sepanjang Tahun 2019
Ilustras BlackBerry Messenger (BBM). [Foto: Thenewsminute.com]

Sederet Aplikasi 'Gulung Tikar' Sepanjang Tahun 2019

Senin, 30 Des 2019 | 12:03 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Sejumlah aplikasi terpaksa ditutup oleh perusahaan pengembangnya lantaran tidak banyak digunakan para pengguna. Hal lain juga dimungkinkan karena perusahaan tidak lagi meneruskan pengembangan dengan beberapa alasan tertentu.

Mengutip Okezone.com, ada sederet aplikasi atau produk teknologi yang gulung tikar sepanjang tahun 2019

Inbox

Google menutup aplikasi Inbox pada 2 April 2019. Diwartakan Engadget, Google+ telah memberi tahu pengguna bahwa Inbox akan ditutup dalam 15 hari sejak 18 Maret. Pengguna diberi tahu adanya penutupan tersebut melalui tampilan pop up ketika pengguna membuka aplikasi.

Google+

Tidak hanya aplikasi Inbox, Google+ menjadi layanan Google yang dihentikan pada 2 April 2019. Google membenarkan tentang penutupan Google+, sejumlah fitur di layanan tersebut tidak lagi dapat digunakan mulai 4 Februari.

BBM

BlackBerry telah mematikan layanan pesan instan BlackBerry Messenger atau BBM pada 31 Mei 2019. Seperti diketahui, BBM merupakan salah satu platform layanan pesan yang pernah bersaing dengan WhatsApp. Aplikasi BBM awalnya eksklusif hanya dapat dipakai di perangkat BlackBerry.

iTunes untuk Mac

Apple telah mengumumkan pada Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019 bahwa perusahaan akan mematikan iTunes untuk Mac. Pertama kali diluncurkan pada 2001, Apple mencatat akan mengganti perangkat lunak dengan tiga aplikasi baru yang terpisah yakni Apple Music, Apple TV dan Apple Podcasts.

Apple AirPower

Pada awal April 2019 dilaporkan, Apple membatalkan produksi pengisian daya nirkabel yang disebut AirPower. Perangkat berbentuk matras kecil ini berfungsi untuk mengisi daya hingga tiga produk Apple sekaligus, seperti iPhone, Apple Watch, dan AirPods. [okezone]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...