Sederet Buah yang Mampu Mengobati Asam Urat
Foto: Unsplash/Olivia Watson

Sederet Buah yang Mampu Mengobati Asam Urat

Senin, 29 Jun 2020 | 16:18 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Penderita asam urat disarankan untuk selalu memerhatikan makanan yang dikonsumsinya, agar jaringan sendi mereka dapat tetap berfungsi secara optimal. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan adanya pembentukan kristal urat dalam jaringan tubuh.

Dikutip dari Healthline, kondisi ini biasanya memengaruhi sendi kaki. Penderita mungkin akan merasakan pembengkakan dan nyeri pada persendian kaki, terutama di bagian ibu jari. Rasa sakit yang tiba-tiba dan intens, bisa membuat kaki kita terasa seperti terbakar.

Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan untuk selalu memerhatikan makanan yang dikonsumsinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati asam urat, yakni dengan mengonsumsi makanan yang sehat, termasuk buah-buahan. Berikut ini beberapa buah-buahan dianggap ampuh untuk mengobati asam urat.

Ceri

Efek anti-inflamasi yang kuat pada ceri dapat mengurangi gejala radang sendi dan asam urat. Jenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat yang menyebabkan pembengkakan, peradangan, dan rasa sakit yang ekstrim di sendi.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ceri dapat membantu menghambat stres dan oksifatif. Selain itu, ceri juga bisa mengurangi peradangan dengan menekan protein peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan artritis. Buah ini juga mmapu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Semangka

Buah semangka memiliki sifat diuretik alami yang dapat merontokkan asam urat dan memperbaiki kandungan darah. Penderita asam urat dapat mengonsumsi semangka dengan menjadikannya jus dan diminum secara teratur, sebanyak dua kali sehari.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...