Sederet Dampak Buruk Kebanyakan Tidur Bagi Tubuh
Foto: Unsplash

Sederet Dampak Buruk Kebanyakan Tidur Bagi Tubuh

Selasa, 24 Mar 2020 | 17:24 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Tidur merupakan kegiatan yang sering kita lakukan saat sedang memiliki waktu luang. Apalagi saat ini kita diminta untuk melakukan social distancing, sehingga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan bisa tidur saat tidak sedang bekerja.

Nyatanya terlalu banyak tidur juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Hal ini disampaikan langsung oleh , Susan Redline, MD, MPH, selaku professor kedokteran tidur di Harvard dan dokter senior divisi tidur dan gangguan sirkadian dari Brigham and Women’s Hospital, Boston.

“Individu yang tidur lebih dari 10 jam perhari umumnya memiliki profil kesehatan yang lebih buruk dibandingkan mereka yang tidur 7 sampai 8 jam perhari,” kata Susan Redline dikutip dari Kompas.com.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa dampak buruk yang bisa dialami oleh tubuh jika terlalu banyak tidur.

Konsentrasi dan daya ingat berkurang

Saat tidur terlalu lama, maka aktivitas otak akan berkurang dibandingkan ketika kita terbangun. Sel-sel otak pun akan menjadi tidak aktif untuk waktu yang cukup lama.

Ketika kita terbangun, sel-sel tersebut akan dipaksa untuk kembali aktif. Hal inilah yang membuat kita menjadi bingung dan sulit berkonsentrasi. Selain itu, kelamaan tidur juga akan membuat otak menjadi lebih cepat tua. Akibatnya daya ingat akan menurun.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...