Sederet Film Indonesia yang Tayang di Busan International Film Festival

Nurul Faradila

Dipublikasikan 3 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Sederet Film Indonesia yang Tayang di Busan International Film Festival
Foto: Instagram/fourcoloursfilm

Winnetnews.com -  Busan International Film Festival (BIFF) akan diselenggarakan pada 6-15 Oktober 2021, di Busan, Korea Selatan. Terdapat empat film Indonesia yang lolos seleksi dan akan ditayangkan di festival tersebut, yakni ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’, ‘Yuni’, ‘Laut Memanggilku’, dan ‘Penyalin Cahaya’.

Pada pertengahan Agustus lalu, ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ karya Edwin, berhasil meraih penghargaan di Locarno International Film Festival. Film yang diadaptasi dari novel Eka Kurniawan ini, mendapat Golden Leopard, yang merupakan hadiah utama dari festival yang diselenggarakn di Swiss.

“Busan akan selalu menempati tempat yang spesial karena film pertama kami, ‘Babi Buta Yang Ingin Terbang’, 2008, sutradara Edwin dan saya sebagai produser, berkompetisi dalam program New Currents, sebuah program kompetisi untuk film pertama dan kedua yang didedikasikan untuk new discovery sutradara-sutradara muda Asia,” kata Meiske Taurisia, produser ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’.

Sama dengan ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ yang dipastikan akan tayang di Toronto International Film Festival, film ‘Yuni’ juga akan tayang di festival yang sama. Film garapan Kamila Andini ini, nantinya akan berkompetisi di Profram Platform bersama tujuh film dari negara lain.

Sutradara Tumpal Tampubolon menggambarkan film pendek ‘Laut Memanggilku’, lahir dari rasa kehilangan atas hal-hal sederhana yang telah dirampas dari sebagian orang karena pandemi Covid-19.

Sementara itu, ‘Penyalin Cahaya’ karya Wregas Bhanuteja diumumkan lolos seleksi BIFF program New Currents. Ini menjadi film ketiga dari Indonesia, yang lolos di program tersebut setelah ‘Babi Buta Yang Ingin Terbang’ karya Edwin dan ‘The Mirror Never Lies’ disutradarai oleh Kamila Andini.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...