Sederet Hal Aneh yang Sering Kita Alami saat Tidur
Foto: Medical News Today

Sederet Hal Aneh yang Sering Kita Alami saat Tidur

Senin, 16 Mar 2020 | 19:07 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Kondisi tubuh kita saat tidur benar-benar kehilangan kesadaran, sehingga bisa terjadi sesuatu aneh yang tanpa sadar kita lakukan. Sebuah penelitian menyebutkan kalau terkadang memang ada kejadian aneh yang bisa terjadi saat kita sedang tidur.

Namun itu merupakan sesuatu yang normal dan bukan karena penyakit berbahaya. Berikut ini beberapa keanehan yang sering kita alami saat sedang tertidur.

Terasa ingin jatuh

Saat tidur kita sering kali mengalami sensasi tubuh yang akan terjadi dan akhirnya membuat kita tersadar dari tidur. Ketika bermimpi, tubuh akan lumpuh, namun terkadang mimpi sudah dimulai saat tubuh belum masuk dalam periode “off”. Sehingga kita akan mengalami rasa ingin terjatuh dari tempat tinggi.

Menurut pakar tidur, W. Christoper Winter, biasanya hal ini terjadi karena tubuh sedang sangat capek, kurang tidur, ataupun stres. Hingga akhirnya otak kita akan masuk siklus tidur, tetapi tubuh tidak.

Mengingau

Hal ini tentunya paling sering dialami oleh banyak orang. Hampir sekitar 5 persen orang dewasa mengingau saat sedang tidur. Biasanya ini terjadi pada jam pertama atau dua setelah tidur, di mana tubuh masuk ke tahap tidur nyenyak tetapi masih bisa menggerakan otot untuk memproduksi suara.

Jalan ketika tidur

Berjalan saat tidur terjadi ketika seseorang keluar dari tidur dan bisa menggerakan tubuhnya, tanpa membangunkan otak. Oleh karena itu, tidak heran jika orang yang mengalaminya tidak mengingat apa yang telah dilakukannya saat terbangun.

Sleep paralysis

Biasanya kita menyebut ini dengan istilah “ketindihan”. Kondisi ini terjadi selama beberapa detik atau menit dan menyebabkan kita tidak bisa menggerakan anggota tubuh kita. Dalam kondisi ini, otak sudah terbangun sebelum kelumpuhan yang menyertai tahap tidur benar-benar hilang. Sehingga sebagian orang merasa seperti ada yang menimpa tubuh mereka dan mengalami kesulitan bernapas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...