Sederet Hal Berbahaya yang Akan Terjadi Jika Tidur Setelah Makan
Foto: Pexels/Zohre Nemati

Sederet Hal Berbahaya yang Akan Terjadi Jika Tidur Setelah Makan

Selasa, 12 Jan 2021 | 13:20 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Perut kenyang setelah makan, terkadang membuat seseorang mengantuk dan ingin berbaring. Hal ini tentunya tidak boleh dilakukan, karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

Mengutip Very Well Health, disarankan untuk memerhatikan jam waktu antara makan malam dengan tidur. Setidaknya, berikan jeda 2-3 jam setelah makan, jika ingin tidur.

Pemberian jeda dari waktu makan ke waktu tidur, agar lambung bisa mencerna makanan yang baru dikonsumsi dan memindahkannya ke usus halus. Jika tidak ada jeda dan langsung tidur, maka tubuh akan mengalami beberapa hal buruk di bawah ini.

GERD (asam lambung)

Posisi berbaring membuat asam lambung naik. Kondisi ini sering disebut sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD). Penyakit asam lambung, bisa menimbulkan sensasi terbakar di araea dada dan tulang belakang.

Berat badan naik

Makan berat sebelum tidur, bisa membuat berat badan bertambah dan memengaruhi kesehatan jantung. Oleh karena itu, sebaiknya makan dengan porsi kecil dan rendah kalori di malam hari, agar kadar gula darah tetap stabil.

Stroke

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Ioannina Medical School, Yunani, menemukan bahwa tidur setelah makan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit stroke. Akan tetapi, studi ini masih perlu dikaji lebih lanjut, karena setengah partisipan, mempunyai riwayat stroke dari keluarga mereka.

Sulit tidur

Meskipun ngantuk, berbaring setelah makan malah dapat membuat seseorang sulit tidur. Ini paling sering terjadi jika sebelumnya mengonsumsi makanan berlemak.

Mimpi buruk

Mimpi buruk juga bisa timbul jika setelah makan, seseorang buru-buru untuk tidur. Hal ini terjadi karena otak menjadi lebih aktif dan menghasilkan mimpi buruk. Oleh karena itu, hindari konsumsi makanan berat dan dengan porsi yang besar sebelum tidur.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...