Sederet Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Percayakan Uang pada Financial Advisor
Foto: Unsplash/William Iven

Sederet Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Percayakan Uang pada Financial Advisor

Selasa, 28 Jul 2020 | 17:15 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Perencana keuangan atau financial advisor, saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat. Apalagi di tengah pandemi saat ini, pengaturan keuangan memang sangat perlu diatur sedemikian rupa agar tidak mengalami krisis keuangan.

Namun jika dilakukan dengan jasa perencanaan keuangan yang tidak tepat, maka terdapat kemungkinan kita akan mengalami kerugian yang cukup besar. Padahal awalanya, kita mempercayakan jasa perencana keuangan untuk mengatur keuangan kita, agar tidak mengalami masalah.

Dikutip dari Kompas.com, sebelum memutuskan untuk memakai financial advisor dalam mengatur keuangan, tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

Memahami tujuan

Sebelum meminta bantuan kepada perencana keuangan, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan yang ingin kita capai. Seorang perencana keuangan hanya bertugas untuk memberikan saran dan masukan dalam buku perencanaan, agar kita bisa mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu, kita bisa memiliki target tertentu yang harus dicapai setiap tahunnya.

Membandingkan

Selain memahami tujuan, sebelum meminta bantuan kepada financial advisor, tak ada salahnya membandingkan perusahaan-perushaan perencanaan keuangan yang ada. Pasalnya, setiap jasa financial advisor pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Melakukan hal ini, membuat kita jadi lebih tahu jasa perencanaan keuangan mana yang sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi kita.

Terus memantau

Setelah meminta bantuan kepada financial advisor, kita bisa memantau dan mengingatkan mereka melalui buku perencanaan. Sehingga kita bisa mengetahui apakah ada perencanaan yang melenceng dari book plan atau tidak. Selain itu, jika memang tujuan awal kita tidak tercapai, kita juga bisa mengingatkan dan tanya kepada mereka cara yang baik untuk memenuhi tujuan tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...