Sederet Jenis Buah yang Memicu Tumbuhnya Jerawat

Nurul Faradila

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Sederet Jenis Buah yang Memicu Tumbuhnya Jerawat
Foto: Unsplash/Hayley Maxwell
Winnetnews.com -  Buah memang dikenal sebagai makanan yang sehat dan baik untuk kecantikan kulilt kita. Akan tetapi, tidak semua buah dapat berdampak baik bagi tubuh.

Nyatanya, terdapat sejumlah buah yang membuat kulit kita jadi mudah berjerawat. Sehingga, sebaiknya buah jenis ini tidak dimakan dengan porsi yang terlalu banyak. Dikutip dari Cewekbanget, berikut ini beberapa jenis buah dan olahannya yang dapat memicu jerawat mudah tumbuh di kulit.

Buah dengan rasa asam

Buah yang memiliki kandungan asam (acid) disebut bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Annie Chiu, seorang ahli kulit di Hermosa Beach, California mengatakan bahwa buah-buahan dengan kandungan acid dapat membuat sejumlah orang jadi mudah jerawatan. Hal ini disebabkan karena pH kulit yang berubah.

Pasalnya, jika pH kulit menjadi lebih asam daripada yang seharusnya, maka pelindung alami dari kulit kita jadi mudah rusak dan menyebabkan kulit berjerawat. Akan tetapi jika memang masih ingin mengonsumi buah ini, kita bisa memotongnya menjadi kecil-kecil, sehingga saat digigit cairannya tidak berpotensi mengenai wajah kita.

Buah kering

Buah yang sudah diolah menjadi kering, biasanya sudah ditambahi dengan karbohidrat olahan dan tingginya indeks kandungan glikemiknya. Oleh karena itu, jika kita memakan buah kering, maka gula darah dan kadar insulin kita menjadi tinggi. Sehingga, hormon jadi tidak seimbang dan menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak sebum, yang memicu munculnya jerawat.

Jus buah

Jus buah sering diminum saat sedang berdiet. Akan tetapi, sebaiknya jika memang kulit mudah berjerawat, sebaiknya kita tidak mengonsumsi jus buah. Ahli kulit di Mount Sinai Hospital mengatakan, kalau jush buah bisa memicu jerawat untuk tumbuh.

Hal ini disebabkan karena jus buah mempunyai kandungan indeks glikemik yang tinggi atau karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan gula darah yang menyebabkan peradagan kulit. Jika kulit kita mengalami peradangan, maka besar kemungkinan kulit jadi mudah berjerawat.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...