Sederet Makanan Pengganti Nasi, Cocok untuk Kamu yang Diet
Foto: Canopy Bridge

Sederet Makanan Pengganti Nasi, Cocok untuk Kamu yang Diet

Selasa, 30 Jun 2020 | 15:45 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Nasi menjadi sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, makanan ini sering kali dihindari oleh orang-orang yang sedang melakukan diet.

Untuk mengganti nasi, biasanya seseorang akan mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti kentang ataupun gandum. Selain dua jenis makanan tersebut, ternyata terdapat sejumlah makanan pengganti nasi lainnya yang bisa kita konsumsi saat sedang diet.

Shirataki

Shirataki
Foto: Her World Indonesia

Shirataki belakangan ini sedang sangat populer di kalangan masyarakat. Shirataki cocok dikonsumsi saat diet, karena memiliki kalori yang rendah. Sumber karbohidrat ini terbuat dari tanaman porang dan memiliki serat yang unik glukomanan. Kandungan serat tersebut dapat bermanfaat untuk melindungi dinding usus dan seporsi shirataki seberat 85 gram hanya mengandung 5 kalori.

Bulgur

Bulgur
Foto: Health Cautions

Bulgur merupakan jenis gandum yang juga bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi. Tekstur dan rasa biji-bijian yang dimiliki bulgur membuat bulgur terlihat seperti nasi. Setengah cangkir bulgur memiliki kalori sebanyak 76 kkal atau 1/4 dari kalori yang dimiliki oleh nasi putih.

Timun zuchinni

Timun zucchini
Foto: styl.pl

Dikutip dari Insider, timun zuchinni yang telah dipotong menjadi beberapa bagian dapat menjadi pengganti pasta hingga nasi. Meski begitu, timun ini merupakan asupan yang rendah karbohidrat dan kalori.

Quinoa

Quinoa
Foto: Medical News Today

Dilansir dari Healthline, quinoa diketahui bebas gluten dan tinggi protein. Selain itu quinoa juga tinggi serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan antioksidan yang bermanfaat. Quinoa memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat mengurangi asupan kalori.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...