Sederet Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh
Foto: Klikdokter

Sederet Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 16 Mei 2020 | 16:04 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Rambutan menjadi salah satu pilihan buah yang dicari oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang manis, buah ini juga segar untuk dikonsumsi. Tapi, tahu kah kamu kalau buah rambutan juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita?

Buah ini diketahui mempunyai kandungan serat, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Selain itu, rambutan juga kaya akan vitamin C yang baik untuk antioksidan, terdapat mangan, natrium, fosfor, kalium, seng, hingga magnesium.

Kira-kira apa saja sih manfaat dari buah yang memiliki daging berwarna putih ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh.

Membersihkan ginjal

Kandungan fosfor yang tinggi dlaam rambutan berfungsi untuk membantu menyaring kotoran yang ada di ginjal. Rambutan juga mempunyai fungsi anti-parasit yang bisa membunuh parasit usus, serta melawan gejala demam dan diare.

Melancarkan pencernaan

Selain bermanfaat untuk membersihkan ginjal, buah rambutan juga baik untuk melancarkan pencernaan. Hal ini terjadi karena rambutan dapat menjadi sumber serat yang baik. Rambutan pun juga mampu mencegah terjadinya sembelit lho.

Menjaga kekebalan tubuh

Para ahli mengatakan bahwa buah rambutan mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal LWT-Food Science and Technology tahun 2009 silam, disebutkan bahwa rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Antioksidan ini datang dari kandungan vitamin C yang ada dalam rambutan. Asupan vitamin C berfungsi untuk mendorong produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan bakteri.

Mencegah resiko kanker

Berdasarkan penelitian, senyawa gallic acid yang ditemukan pada kulit rambutan dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan bisa menjadi obat kuat untuk melawan kanker. Tidak hanya itu, rambutan yang kaya akan antioksidan juga ampuh menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...