Sederet Negara Sahabat Indonesia ini Sampaikan Belasungkawa Atas Berpulangnya BJ Habibie

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Sederet Negara Sahabat Indonesia ini Sampaikan Belasungkawa Atas Berpulangnya BJ Habibie BJ Habibie (sumber: Jakarta Post)

Winnetnews.com - Beberapa negara sahabat Indonesia terlihat menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, pada Rabu (12/09), pukul 18.05 WIB.

Beberapa negara rekan Indonesia seperti Amerika Serikat, Inggris, Malaysia, dan Australia, menyampaikan kalimat berkabung atas berpulangnya Bapak Teknologi Indonesia tersebut melalui akun resmi media sosial mereka.

Pemerintah Amerika Serikat melalui akun @usembassyjkt terlihat mengucapkan kalimat duka cita melalui akun Twitter. Dubes Donovan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, menuliskan, “Pemerintah dan rakyat Amerika turut berduka cita atas meninggalnya mantan Presiden RI #BJHabibie. Doa kami menyertai seluruh keluarga yang ditinggalkan.”

Sementara Kedutaan Besar Inggris menyampaikan lewat Twitter, “Turut beduka cita atas meinggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie. Doa kami menyertai keluarga dan seluruh bangsa Indonesia.”

Cuitan akun @UkinIndonesia tersebut lantas dibalas oleh Duta Besar Inggirs oleh Indonesia, Owen Jenkins. Ia mencuitkan kalimat belasungkawa yang berbunyi, “Belasungkawa saya untuk keluarganya dan bangsa Indonesia. Seorang negarawan dan seorang teman bagi Inggris. Dia akan dirindukan.”

Tidak sampai di Inggris saja, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, juga menyampaikan ucapan duka. “Duka mendalam atas berpulangnya Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie. Beliau telah memimpin Republik Indonesia pada masa perubahan besar. Keberanian dan visinya selama era Reformasi akan selalu diapresiasi oleh Australia. Doa kami akan selalu menyertai Beliau dan keluarga yang ditinggalkan,” ujar Morrison di Twitter.

Kepergian Habibie ternyata juga memberi duka kepada negara tetangga, yakni Malaysia. Ucapan belasungkawa dilontarkan oleh Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad melalui akun Twitter resmi miliknya.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Takziah kepada keluarga serta seluruh warga Indonesia di atas pulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie. Sesungguhnya kepergiannya satu kehilangan besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas Rohnya. Al Fatihah,” cuit @chedetofficial, akun resmi Mahathir Mohamad.

Setelah cuitan Mahathir, seorang politisi asal Parti Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim, juga menyampaikan ucapan duka.

“BJ Habibie seorang individu yang saya anggap sebagai keluarga sendiri. Beliau sangat prihatin tentang derita yang saya lalui semasa saya selesai operasi, bebas dari penjara,” celetuk Anwar.

Sebelumnya diketahui jika Anwar dan Habibie merupakan rekan dekat. Tokoh reformasi asal Malaysia tersebut mengaku bahwa sosok Habibie banyak memberikan pelajaran hidup baginya.

Apa Reaksi Kamu?