Sehari Dapat Rp 10 Juta, Pelaku Order Fiktif Gojek Ditangkap

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Sehari Dapat Rp 10 Juta, Pelaku Order Fiktif Gojek Ditangkap Sumber foto: google.com

Winnetnews.com - Polisi telah menangkap tersangka pelaku order fiktif yang menggunakan aplikasi Gojek. Pelaku RP, CA, RW, dan RK ditangkap dalam satu rumah di kompleks Taman Dutamas, Jakarta Barat, Rabu (1/2/2019).

"Para tersangka berumur 20-30 tahun. Empat tersangka ini 4 sekawan, artinya teman semua," sebut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Argo mengungkapkan bahwa keempatnya telah mengatur ponsel mereka agar bisa melakukan order fiktif. Mereka sendiri masing-masingnya mempunyai akun mitra Gojek sebanyak 30 buah akun. Mereka melakukan order melalui akun-akun tersebut sehingga di GPS terlihat melakukan pengantaran ke tempat tujuan.


Sumber foto: google.com

“Jadi tersangka ini melakukan kegiatan mendaftar sebagai anggota GOJEK, kemudian yang bersangkutan beli pada seseorang yang masih kita cari, yang otak-atik HP. Kemudian ditambahi software akhirnya tersangka bisa ngibuli. Seolah dia transaksi, tapi transaksi fiktif,” ucap Argo.

Ia juga mengungkapkan bahwa pelaku hanya menggunakan satu akun saja untuk order fiktif sebanyak 24 kali. Hal tersebut dilakukan agara mereka mendapatkan bonus dari Gojek sebanyak Rp 350 ribu dalam seharinya.


Sumber foto: google.com

“Kalau satu orang ini melakukannya sampai 24 tiap hari itu ada poin yang diberikan GOJEK sekitar Rp 350 ribu. Kalau sehari itu menggunakan 30 atau 50 akun, tinggal dikalikan,” ungkap Argo.

"Kalau ditotal, satu orang ini bisa mendapatkan Rp 7-10 juta tiap hari, itu satu akun. Kalau dia punya 10 akun atau 20 akun tinggal dikalikan,” kata Argo.

Apa Reaksi Kamu?